Sukses

Truk Bawang Merah Terguling di Jalinsum

Truk bermuatan 1,5 ton bawang merah dari Brebes, Jawa Tengah (Jateng) tujuan Bengkulu terguling di Jalan Lintas Sumatera ( Jalinsum).

Citizen6, Kalianda: Truk bermuatan 1,5 ton bawang merah dari Brebes, Jawa Tengah (Jateng) tujuan Bengkulu terguling di Jalan Lintas Sumatera ( Jalinsum).

Kejadian naas tersebut terjadi di Desa Kuripan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan dengan disaksikan oleh Johan (56) yang rumahnya berada di dekat tempat kejadian tergulingnya truk tersebut. Dari pengakuan Johan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB, Selasa 19 Februari 2013.

Saat itu ia sedang memangkas ranting pohon yang ada di depan rumahnya. Tiba-tiba terdengar bunyi rem mendadak. Setelah itu truk berwarna kuning tersebut sudah terperosok di parit sebelah kiri tepat di galian kabel optik telekomunikasi yang sedang ditimbun oleh para pekerja.

"Di depan sedang ada alat berat yang menggali kabel optik. Kemungkinan kendaraan mengerem mendadak, sehingga truk bermuatan bawang merah akhirnya terguling ke sisi kiri Jalinsum," terang Johan,

Dari penuturan sang sopir, Ahmad, truknya yang bermuatan bawang merah tersebut dikemudikannya dengan pelan. Namun karena kendaraan di depannya mengerem secara tiba-tiba, ia berusaha agar tidak menabrak, sehingga membanting stir ke kiri.

Akibatnya truk BD 8079 EU tersebut kehilangan kendali dan oleng ke samping, sehingga karung-karung berhamburan keluar dari truk. Beruntung ia dan kernetnya tidak mengalami luka yang serius dan hanya mengalami keseleo dan memar di tubuhnya.

Kejadian tersebut sempat memacetkan lalu lintas kendaraan yang melintas di Jalinsum. Beberapa orang bahkan sempat hampir menggunakan kesempatan tersebut untuk mengambil karung berisi bawang merah yang setiap karungnya berisi sekitar 30 kilogram lebih bawang merah. Beruntung 2 aparat Brimob dari Polres Lampung Selatan (Lamsel) yang segera berjaga-jaga di lokasi tergulingnya truk naas tersebut.

Satu jam setelah kejadian, pengurus mobil tersebut segera melakukan evakuasi. Evakuasi truk dari Brebes untuk ekspedisi bawang putih ke Bengkulu tersebut berlangsung cukup lama. Hal ini dikarenakan sebagian ban terjerumus ke dalam galian. Dengan menggunakan truk lain, akhirnya truk tersebut segera ditarik dan bisa dievakuasi ke badan Jalinsum. (Hendricus Widiantoro/Mar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.