Sukses

Jokowi Tak Bakal Undur Penerbitan Kartu Jakarta Sehat

Saat peluncuran lalu baru sekitar 300 kartu diterbitkan. Jumlah yang masih jauh dari target yakni sekitar 4,7 juta kartu.

Kartu Jakarta Sehat (KJS) yang telah diluncurkan pada 10 Nopember tahun 2012 lalu, hingga saat masih belum sepenuhnya mampu melayani kebutuhan medis masyarakat. Saat peluncuran lalu baru sekitar 300 kartu diterbitkan. Jumlah yang masih jauh dari target yakni sekitar 4,7 juta kartu.

Meski saat ini masih belum capai target, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi tidak akan mengundur penerbitan Kartu Jakarta Sehat. Mengundur penerbitan sampai setahun bukanlah solusi terbaik. Sementara lonjakan pasien kelas III mencapai 70 persen, yang berarti kartu sehat itu sangat dibutuhkan masyarakat.

"Jika saya undur sampai setahun, sehingga 70 persen masyarakat yg sakit malah tidak masuk rumah sakit, iya kan. Apakah harus ditahan dulu setahun lagi? Kemudian yang sakit jutaan itu apa iya tinggal di rumah saja? Eee.. Ituu," kata Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Sebelum menerbitkan KJS, pemda DKI sudah melakukan peninjauan. Namun, Jokowi tidak dapat memungkiri jika kemampuan rumah sakit belum seimbang dengan kebutuhan masyarakat.

"Ya sudah ngerti lah kita. Tapi memang rumah sakit dan puskesmas belum memadai dan daya dukungnya belum masuk ke situ," ucap Jokowi.

Untuk itu yang perlu dilakukan adalah membenahi fasilitas kesehatan itu sendiri. Jokowi juga sudah menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan agar segera menambah kekurangan sarana dan prasarana rumah sakit, seperti NICU (Neonatal Intensive Care Unit), ICU, serta kamar perawatan.

"Ya nanti ditambah secepatnya. Kalau ruangan memang kita sebenarnya mau kejar. Anggarannya ada. Tapi kita memang mau minta izin untuk langsung kerjain desainnya and build. Yaa ada waktu dan tahapan yang harus kita lalui," pungkas Jokowi. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini