Sukses

Ahok: Pengguna KJS ke Puskesmas Dulu Sebelum ke RS

Ada prosedur bagi warga yang memanfaatkan Kartu Jakarta Sehat (KJS).

Ada prosedur bagi warga yang memanfaatkan Kartu Jakarta Sehat (KJS). Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengingatkan warga yang telah mengantongi KJS, semestinya tidak langsung pergi ke rumah sakit, namun terlebih dahulu berobat ke Puskesmas.

"Kalau Anda tidak mampu, Anda harus masuk Puskesmas, kecuali Anda darurat. Kalau Anda darurat silakan masuk. Kalau sudah masuk, lalu pindah kelas I, Anda harus bayar," tegas Ahok dalam sebuah seminar di RS Husada, Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Setiap rumah sakit pun, lanjutnya, diminta dapat tegas dan turut mengawasi berjalannya program KJS. Setiap RS harus memperhatikan masalah rujukan demi mencegah adanya upaya pencaloan dalam sistem KJS.

"Kalau sampai tidak ada rujukan, tolak saja. Kalau sampai tidak ada rujukan dari Puskesmas, tanyakan ke Puskesmasnya ada rujukannya atau tidak, karena banyak sekali calo-calo mengantongi 10 rujukan yang diperjualbelikan," ucap Ahok.

Ahok pun meminta seluruh rakyat Indonesia mendukung jalannya program Kartu Jakarta Sehat demi menggratiskan pelayanan kesehatan. Jika sistem KJS ini sukses, Jakarta bisa sejajar dengan negara lain.

"Kita mulai dari Jakarta. Dengan Jakarta baru, kita percaya akan ada Indonesia baru," pungkas Ahok. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini