Sukses

VIDEO: Tak Punya Izin, 9 Satwa Langka di Wonogiri Disita

9 Satwa langka yang disita dari objek wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, itu dipindahkan ke Taman Satwa Taru Jurug, Solo, Jateng.

9 Satwa dilindungi disita Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Propinsi Jawa Tengah dari objek wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri, Jawa Tengah. Objek wisata itu kedapatan tidak memiliki izin untuk memelihara hewan tersebut.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Selasa (19/2/2013), kesembilan satwa yang disita tersebut sementara waktu ditempatkan di Taman Satwa Taru Jurugn (TSTJ), Solo. Hewan tersebut terdiri dari 3 burung merak, 2 ekor landak, 1 burung kakak tua jambul kuning, 1 ekor rusa, dan 1 burung elang. Mereka masih dikandangkan terpisah dari hewan lain karena masih titipan.

"Hewan-hewan tersebut belum digabungkan dengan satwa lain karena statusnya masih satwa titipan. Mereka akan ditampung hingga ada kejelasan status dari BKSDA," jelas Direktur TSTH Lilik Listyanto.

Selain 9 satwa tersebut, BKSDA Jateng juga menyita 3 ekor gajah yang dititipkan di Kebun Binatang Magelang. Selain tidak memiliki izin pemeliharaan, penyitaan terpaksa dilakukan setelah ditemukan ada hewan yang kondisinya memprihatinkan akibat kurang perawatan dan ketersediaan makanan. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.