Sukses

Jokowi Jadikan Kali Pakin Contoh Pengerukan yang Benar

Ia menginginkan agar pengerukan kali itu menjadi proyek percontohan bagi 13 aliran sungai lainnya yang juga akan dikeruk.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) memantau pengerjaan pengerukan Kali Pakin, Penjaringan, Jakarta Utara. Ia menginginkan agar pengerukan kali itu menjadi proyek percontohan bagi 13 aliran sungai lainnya yang juga akan dikeruk.

"Pengerukan di kali ini kita perintahkan, tolong ini sebagai contoh. Normalisasi pengerukan yang benar seperti apa. Ya ini, yang sekarang kita dapatkan," ujar Jokowi usai memantau proses pengerukan, Senin (18/2/2013).

Ia mengatakan, pengerukan Kali Pakin baru dilakukan pada pertengahan Januari lalu. Bila daya tampung kali telah mencapai 5 meter, ia yakin dapat mengurangi banjir di kawasan tersebut.

"Ini baru memulai lebarkan sungai, normalisasi sungai, mengeruk endapan ini baru mulai. Ini supaya air yang ke waduk pluit lancar semua karena sungai ini, kalau enggak lancar nanti kejadian seperti kemarin," jelas mantan Walikota Solo itu.

Jokowi pun mengatakan, walau pengerjaan pengerukan sungai baru dilakukan, namun perkembangannya sudah terlihat. "Ini yang kemarin tanahnya cuma setengah meter dari atas kita turunkan, kalau yang di sini sudah 5 meter ke bawah, sudah baguskan, tinggal sampah dan sedimennya yang akan kita pindah ke tempat lain," ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Untuk pembiayaannya, sambung Jokowi, dirinya tidak mengambil dari APBD DKI. Sebab anggaran tahun ini belum dapat dicairkan. Anggaran tersebut ia dapat dari dana sosial pihak swasta.

"Kita minta bantuan dari swasta. Kita minta bantuan. Ini secukupnya saja. Nanti APBD masuk langsung dialihkan. Tapi kita mau ngasih contoh dulu, ini loh sungai yang benar yang baik dan bersih," imbuh dia. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini