Sukses

Musang Aneh Hebohkan Warga Padang

Binturung yang memiliki nama Latin "Arctictis Binturong" adalah sejenis musang bertubuh besar, pemakan buah-buahan, telur, daun-daunan, dan hewan-hewan kecil.

Seekor Binturung, binatang sejenis Musang, membuat heboh warga Jalan Teduh, Padang, Sumatera Barat, pada Minggu (17/2/2013). Binturung tersebut ditangkap setelah sempat masuk ke dalam kamar mandi di rumah seorang warga. Mereka awalnya mengira binatang itu adalah seekor Musang.

Namun, setelah mengerumuni binatang yang tampak kelaparan itu, warga menyadari perbedaannya. Bentuknya memang menyerupai Musang, tetapi dengan ukuran yang lebih besar, ekor yang panjang dan kuat, serta rupa mirip beruang. Warga kemudian memberi makan kepada Binturung tersebut.

Beberapa saat kemudian, petugas dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kementerian Kehutanan Sumatera Barat, datang dan menjemput binatang yang ternyata masih tergolong satwa langka yang dilindungi. Binturung itu lalu dibawa ke Hutan Raya Bung Hatta untuk dilepaskan ke alam bebas.

Setibanya di Hutan Raya, binatang tersebut tampak ketakutan sehingga sulit mengeluarkannya dari sangkar. Setelah dilakukan berbagai cara, Binturung itu pun akhirnya mau keluar dan berlari ke alam bebas.

Menurut Petugas BKSD Sumatera Barat, Zulmi, Binturung yang memiliki nama Latin "Arctictis Binturong" adalah sejenis musang bertubuh besar, pemakan buah-buahan, telur, daun-daunan, dan hewan-hewan kecil. Panjang kepala dan tubuh Binturung antara 60-95 cm, ditambah ekornya antara 50-90 cm. Beratnya sekitar 6-14 kg, bahkan sampai 20 kg. (Tya/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.