VIDEO: Ditemukan Serpihan Meteorit Rusia, 1 Cm Batu Misterius

By Rizki Gunawan

on Feb 17, 2013 at 04:33 WIB

Sebelum memasuki atmosfer bumi, meteor yang jatuh di Rusia pada Jumat 15 Februari kemarin diperkirakan berbobot 10 ribu ton. Sebelum menyentuh daratan, meteor itu pecah menjadi setidaknya 4 bongkah batu meteorit. Tim ahli berhasil menemukan serpihan kecil batu langit yang misterius itu.

Pasca-jatuhnya meteor, sudah ada 4 titik lokasi yang ditemukan. 2 Titik di Danau Cherbakul. 1 Titik di dekat Zlatoust, dan 1 titik lagi di Chelyabinsk.

Warga menemukan lubang bekas pecahan meteor berdiameter 6 meter di sebuah Danau di Cherbakul. Lubang seperti kawah di perairan yang membeku ini merupakan tempat jatuhnya meteor. Militer Rusia segera memasang garis pengaman pada lingkaran itu.

Selain menghancurkan ribuan bangunan, ledakan meteor ini juga menyebabkan terputusnya sambungan telekomunikasi.

Salah satu bangunan yang terkena pecahan meteor adalah pabrik bahan kimia di Chelyabinsk. Sekitar 150 pekerja pabrik dilarikan ke rumah sakit, karena terkena pecahan kaca.

Sehari setelah meteor jatuh, sebuah tim ahli langsung mendatangi lokasi. Mereka menemukan sebuah serpihan kecil berukuran sekitar 1 cm yang diduga sebagai pecahan batu asal luar angkasa tersebut.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperkirakan meteor yang jatuh di Rusia berbobot 10 ribu ton sebelum menembus atmosfer bumi. Ledakan dan guncangan akibat tumbukan meteor di Chelyabinski saja diperkirakan mengakibatkan kerusakan senilai US$33 juta dolar.

Peristiwa itu juga menyebabkan sekitar 1200 orang terluka. Setidaknya 300 gedung sekolah di daerah-daerah yang terkena dampak jatuhnya meteor rusak parah dan ringan. (Riz)

 

Suka artikel ini?
Rizki Gunawan
Rizki Gunawan

  Full bio »

0 Comments