Sukses

VIDEO: Longsor Tebing di Jateng, 6 Warung Porak-poranda

6 Warung milik warga porak-poranda tertimbun reruntuhan tebing.

Sebanyak 8 orang menjadi korban longsor tebing setinggi 30 meter di objek wisata Gonoharjo, Kecamatan Limbangan, Jawa Tengah. Selain itu, 6 warung milik warga porak-poranda tertimbun reruntuhan tebing. Meski tak ada korban jiwa, namun 2 orang harus dilarikan ke rumah sakit Kota Semarang.

Sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur wilayah Kendal bagian Selatan itu menjadi pemicu longsorya tebing yang berada di atas kolam air panas. 

Hingga Sabtu 16 Februari sore, petugas objek wisata yang dibantu TNI, warga, serta relawan dari pramuka masih terus membersihkan material longsor.

Lokasi longsor yang bermedan terjal membuat petugas kesulitan membersihkan material longsoran, karena mereka hanya mengandalkan alat manual. Saat ini, kondisi lalu lintas tak dapat dilalui kendaraan apapun.

Peristiwa serupa juga terjadi di jalur antara Bandung dan Cirebon, Jawa Barat. Hujan deras yang sebelumnya mengguyur kawasan Cadas Pangeran Sumedang, Jawa Barat, membuat jalur tersebut tak dapat dilalui kendaraan.

Akibat longsornya tebing setinggi 10 meter itu, material tanah, pohon, dan bebatuan besar turut menghambat lalu lintas.

Kemacetan di lokasi tersebut pun tak terhindarkan. Hal ini diperparah dengan proses pembersihan longsor yang hanya menggunakan satu alat berat.

Para pelintas diharapkan berhati-hati dan waspada karena longsor kerap terjadi ketika hujan turun dengan derasnya dalam jangka waktu yang lama. (Tys/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.