Sukses

VIDEO: 4 Bisnis Prostitusi Online yang Berhasil Terkuak

Praktik prostitusi melalui media online kembali marak, dari alih-alih berbagi pengalaman hingga penawaran dari wanita belia dengan foto seksi nan menggoda lengkap dengan nomor kontak atau alamat e-mail.

Praktik prostitusi melalui media online kembali marak, dari alih-alih berbagi pengalaman, bertukar foto para wanita yang pernah dikencani, sampai penawaran dari wanita belia dengan foto seksi nan menggoda lengkap dengan nomor kontak atau alamat e-mail.

1. Sewa Apartemen Duren Sawit

Fenomena dunia maya buruk ini telah meresahkan  masyarakat yang membongkar sendiri prostitusi online, seperti yang dilakukan penghuni apartemen di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Perempuan-perempuan muda ini diketahui menyewa apartemen yang belakangan dijadikan sebagai lokasi transaksi jaringan prostitusi online.

2. Germo Online Mahasiswa IPB

Di Bogor, polisi sudah membongkar prostitusi online yang  dijalankan oleh salah satu mahasiswa Insitutut Teknologi Bandung (IPB) Hermud Farhan Ibnu Hasan. Alamat situsnya: www.bogorcantik.blogspot.com.

Dalam situsnya, mahasiswa semester XII ini menawarkan wanita- wanita yang rata-rata berstatus pelajar sma dengan tarif sekitar Rp 1 juta hingga Rp 1,5 juta.

Kabar yang mencoreng nama kampus membuat Rektor IPB Herry Suhardiyanto meradang. Rektor Herry mengancam akan memberikan sanksi pemecatan jika Hermud terbukti menjalankan bisnis prostitusi online.

3. Germo Online di Bandung

Polisi di Bandung juga menangkap Wahyudin yang  diduga mengelola  situs prostitusi online dengan alamat www.cewebisyar.com.

Ide sederhana muncul dengan menjiplak dari situs luar negeri yang menawarkan wanita dan mengadakan pesta seks dengan mengharuskan anggotanya membayar sesuai dengan tingkatan.

Pemerintah mengaku telah berupaya memblokir situs berbau pornografi, apalagi yang menyangkut prostitusi online. Walau sudah berusaha dicegah, situs prostitusi online seperti ini masih mudah diakses.

Dengan memanfaatkan interaksi forum di situs tersebut, komunikasi bisa dijalin yang dilanjutkan dengan komunikasi lewat telepon.

4. Jual Keperawanan di Makassar

Begitu mudahnya transaksi seks pun terjadi yang lebih parah. Bisnis haram ini telah melibatkan anak-anak di bawah umur, seperti yang terbongkar di Makassar, Sulawesi Selatan, pekan ini. Sindikat penjualan
keperawanan remaja dibongkar polisi, remaja sekitar 15 tahun dijual seharga Rp 10 juta sampai Rp 11 juta.

Hasnia yang biasa dipanggil bunda sudah 4 tahun melakoni profesi menjual anak-anak di bawah umur, tetapi setelah ditangkap, ia berkilah baru saja melakoni bisnisnya.

Hasnia bersama seorang perantara ditangkap polisi saat akan  menjual seorang gadis yang baru berusia 15 tahun. Sindikat penjualan perawan sudah lama dicium polisi, tetapi pengungkapannya tidak terbilang mudah. Apalagi yang pernah ditelusuri tim SIGI SCTV, penjualan keperawanan putrinya sudah melalui restu kedua orang tua.

Alasan Kesulitan Ekonomi

Alasan klise, yakni kesulitan ekonomi kerap dijadikan para pelaku melakukan bisnis prositusi ini. Peran broker atau biasa disebut seorang mami menjadi penting, karena menghubungkan para pria hidung belang dengan anak-anak bau kencur yang akhirnya menjadi komoditi seks.

Lebih jauh lagi, perdagangan wanita bau kencur yang masih dibawah umur ini melibatkan sindikat dari hulu ke hilir.Lemahnya penegakan hukum dan besarnya keuntungan membuat pelaku tidak jera.

Bisnis prostitusi memang menjadi bisnis paling tua di muka bumi ini, tetapi bukan berarti negara harus diam dan melihat bisnis ini makin menggurita. Peran keluarga dan masyarakat tentu diperlukan bersama langkah tegas pemerintah untuk menyelamatkan tunas-tunas muda bangsa. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.