VIDEO: 4 Titik Lokasi Hujan Meteor Rusia Ditemukan

  • Internasional
  • 0
  • 16 Feb 2013 18:05

meteor-rusia130216c.jpg

Pencarian pecahan meteor yang jatuh di Rusia mulai membuahkan hasil. Militer Rusia menyatakan sudah menemukan lokasi tempat jatuhnya pecahan meteor.

Pasca-jatuhnya meteor, sudah ada 4 titik lokasi yang ditemukan. 2 Titik terletak di Danau Cherbakul. 1 Titik di dekat Zlatoust dan 1 titik lainnya di Chelyabinsk.

Warga menemukan lubang bekas pecahan meteor berdiameter 6 meter di sebuah danau yang berada di daerah Cherbakul, Rusia.

Lubang seperti kawah di perairan yang membeku ini merupakan tempat jatuhnya meteor. Militer setempat pun langsung memasang garis pengaman pada lingkaran itu.

Hasil pengukuran dilaporkan tak ada kenaikan radiasi berbahaya di sekitarnya. Para ilmuwan rencananya akan melakukan penyelaman di lokasi jatuhnya meteor, untuk memperlancar proses identifikasi.

Saat meteor meledak, dikabarkan sempat terjadi perubahan suhu dari -6 menjadi -18 derajat celcius di sekitar lokasi. Selain menghancurkan ribuan bangunan, ledakan meteor ini juga menyebabkan terputusnya sambungan telekomunikasi.

Salah satu titik yang terkena pecahan meteor adalah sebuah pabrik bahan kimia berupa unsur zink yang berada di Kota Chelyabinsk. Akibatnya, sekitar 150 pekerja pabrik dilarikan ke rumah sakit, dikarenakan terkena pecahan kaca. (Riz)

 

Terpopuler