VIDEO : Setelah Diresmikan Jokowi, Warga Antusias Jajal Waterway

  • Peristiwa
  • 0
  • 16 Feb 2013 13:27
Angkutan air Waterway ala Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang pada Jumat (15/3/2013) kemarin diresmikan langsung oleh Jokowi mulai diminati warga ibukota. Selama masa perintisan, para warga dipersilahkan mencoba angkutan air umum ini secara gratis.

Selama masa uji coba, Waterway hanya beroperasi dua kali dalam sehari yaitu setiap pukul 07.00 WIB dan pukul 17.00 WIB. Saking penasarannya dengan moda transportasi air ini, warga ibukota pun rela datang pagi-pagi demi menjajal Waterway. Agung, salah satu warga yang mencoba transportasi Waterway ini mengatakan moda transportasi ini tidak macet. "Ngga macet-macet ya, ngga kaya bis macet," kata dia ketika menjalal Waterway.

Perjalanan Waterway ini berawal dari Marunda melewati Ancol hingga tiba di Muara Baru, Jakarta Utara. Jika kedepannya banyak diminati warga, rute perjalanan akan diperpanjang mulai dari Duren Sawit, Jakarta Timur sampai ke Muara Angke Jakarta Utara. Tak hanya itu, Wardo yang juga menjajal Waterway mengaku cukup puas atas moda transportasi ini, "Memuaskan lah untuk pelayanan dari bapak Jokowi," ujar Wardo.

Dalam sekali jalan kapal yang dilengkapi Global Positioning System (GPS) dan pelampung ini bisa mengangkut 24 penumpang. Bagi warga yang penasaran mencoba kapal di jalur Waterway ini akan berasa seperti  pengalaman pada saat berwisata. Menurut salah satu warga bernama Wawan, kapal yang dipakai untuk mengangkut penumpang ini berjalan cukup kencang, tidak seperti kapal-kapal lainnya. "Bedanya kalau kapal biasa pelan, kalau ini kenceng," ujar Wawan.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang meresmikan Waterway pada Jumat (15/2) belum menentukan sampai kapan uji coba gratis ini berjalan. Jokowi yang menjajal langsung perahu ini masih akan melihat tanggapan masyarakat sebelum mengembangkan Waterway. Jika nantinya banyak diminati Jokowi berencana menghubungkan rute laut dengan jalur sungai melewati Kanal Banjir Barat dan Kanal Banjir Timur. (Han)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler