VIDEO: Meteorit yang Hantam Rusia Cederai 400 Warga

  • Internasional
  • 0
  • 15 Feb 2013 16:23

meteor-jatuh-dirusia130215b.jpg

Bongkahan diduga meteorit yang jatuh di Rusia ternyata mencederai 400 orang. Meteorit yang jatuh di wilayah Chelyabinsk, Rusia pada Jumat (15/2/2013) pagi waktu setempat, mengakibatkan para warga yang berada di sekitar lokasi ledakan itu terkena pecahan kaca.

"Meteorit hancur disekitar pegunungan Ural, terbakar saat akan menghantam Bumi dan jatuh di daerah yang jarang penduduknya di wilayah Chelyabinsk," ungkap Departemen Situasi Darurat Rusia melalui peryataannya yang dilansir laman Ynet.

Sebelumnya, Juru bicara Kementerian Vadim Kolesnikov mengatakan puluhan orang telah meminta bantuan medis untuk mengobati korban yang tekena pecahan kaca setelah insiden ledakan meteorit itu. Kolsenikov juga mengatakan, atap sebuah pabrik seng dari ketinggian sekitar 600 meter persegi juga runtuh tak lama meteorit itu melesat ke bumi.

Seorang juru bicara Kementerian Darurat, Irina Rossius mengatakan ada hujan meteor. Tapi juru bicara kementerian lainnya yakni Elena Smirnikh mengatakan peristiwa itu adalah meteorit tunggal seperti dikutip kantor berita Interfax.

Berikut ini video amatir di televisi Rusia yang menunjukkan meteorit menuju kawasan pegunungan Ural sekitar pukul 9:20 waktu setempat. Meteorit itu terlihat mengeluarkan asap putih tebal dan cahaya yang menyilaukan. 

Getaran akibat hantaman meteorit itu juga dirasakan di jendela kantor berita Itar-Tass yangn berada di pusat Chelyabinsk. Mereka melaporkan bahwa dinding sebuah pabrik di Chelyabinsk runtuh dan mengakibatkan 3 atau 4 orang mengalami luka ringan.
 
Kendati demikian, hingga saat ini pemerintah kota Chelyabinsk belum dapat memberikan data akurat terhadap jumlah korban tersebut. "Pada pukul 11 siang waktu setempat, kami mendapati banyak panggilan yang melaporkan cedera, luka dan memar," ungkap pihak berwenang setempat kepada Interfax.
 
Sejauh ini, Kementerian Situasi Darurat Rusia telah mengerahkan 20 ribu pria dan 3 pesawat untuk memeriksa wilayah dan mengimbau masyarakat untuk tidak panik.
 
"Tidak ada evakuasi penduduk, tingkat radioaktivitas masih baik dan dalam standar. Kami mendorong Anda untuk tidak panik," imbau Kementerian lokal setempat melaui situsnya.
  
Fenomena itu juga saat ini telah diamati di Kazakhstan. Diperkirakan hujan meteor terjadi beberapa jam sebelum pertemuan asteroid 2012 DA14 yang berukuran 50 meter dan akan melesat 34 ribu kilometer dari Bumi besok. Asteroid akan meninggalkan bekas seperti kawah hingga lebar satu kilometer jika menabrak Bumi.

Berikut ini video saat meteorit itu melesat. (Tnt)

Terpopuler