Sukses

Ditemukan Kembali Bagian Kaki Bangunan Situs Gunung Padang

Penelitian situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan Tim Terpadu Riset Mandiri berhasil menemukan lagi bagian kaki bangunan dari gunung itu.

Penelitian situs Gunung Padang di Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan Tim Terpadu Riset Mandiri berhasil menemukan lagi beberapa bagian dari bangunan monumental tersebut. Saat ini tim yang mulai meneliti sejak 2012 itu, menemukan bagian yang diduga sebagai bagian kaki bangunan.

Berdasarkan survei yang teliti, pada sisi gunung bagian utara tersingkap struktur batuan yang disusun masyarakat prasejarah. Struktur batu tersebut merupakan struktur terasering yang sengaja disusun mengelilingi gunung agar tanah di bagian atas tidak longsor. Susunan bertingkat seperti ini juga terbukti efektif untuk melindungi badan dan bagian dalam bangunan.

"Sebelumnya, struktur serupa di sisi timur dan tenggara juga telah ditemukan tim pada penelitian bulan Mei 2012. Sementara pada Juni 2012, tim telah menemukan beberapa bagian dari badan bangunan," kata Ketua Tim Terpadu Riset Mandiri dan Arkeolog Dr Ali Akbar, Jumat (15/2/2013).

Menurutnya, penemuan terbaru ini menegaskan, secara konstruksi, bangunan Gunung Padang merupakan sebuah bangunan yang besarnya diperkirakan 15 hektare. Sebagai perbandingan, bangunan Candi Borobudur sebesar 1,5 hektare.

Tim ini masih akan terus melakukan riset, mengingat masih banyak bagian bangunan yang terpendam di dalam tanah. Dengan adanya temuan yang diduga sebagai bagian kaki tersebut, bangunan Gunung Padang diperkirakan memiliki tinggi sekitar 100 meter. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini