Sukses

Jokowi: Fasilitas Gratis Warga Rusun Marunda Hanya Sementara

Fasilitas serba gratis yang diberikan Jokowi kepada warga yang bersedia untuk direlokasi ke Rusun Marunda. Namun fasilitas tersebut hanya sementara.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi benar-benar memanjakan warga Waduk Pluit yang direlokasi ke Rusun Marunda, Jakarta. Selain warga mendapatkan rusun secara gratis, fasilitas 2 unit bus gratis yang mengantar jemput warga dari tempat mereka tinggal ke Muara Baru juga disediakan.

Tak hanya itu, angkutan air di Kanal Banjir Timur (KBT) Marunda yang langsung menembus laut Muara Baru dalam waktu 30 menit juga sudah siap pakai.

Jokowi mengatakan, fasilitas serba gratis tersebut merupakan kompensasi yang diterima warga bagi yang bersedia untuk direlokasi. Namun dia mengingatkan, fasilitas gratis tersebut hanya sementara dan akan dihentikan.

"Ya sedikit demi sedikitlah kalau kita rasa mereka sudah siap, ya dilepas. Kita lihat lapanganlah. Yang paling penting sekarang kan menyelesaikan di Marunda secepatnya," ujar Jokowi di Marunda, Jakarta, Jumat (15/2/2013).

Menurut dia, penghentian fasilitas serba gratis tersebut dikarenakan nantinya Jokowi tidak ingin warga terlalu ketergantungan. Tapi bukan berarti Pemprov DKI akan lepas tangan, karena pihaknya akan tetap memberikan bantuan kepada warga rusun di ujung utara tersebut.

"Besok Minggu saya dan Pak Wagub ke sana untuk menyelesaikan masalahnya, terutama air dan listrik segera rampung. Kemudian carikan lagi tempat tidur ke CSR-lah sebanyak-banyaknya," tutur Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini menjelaskan, bukan hanya warga Rusun Marunda saja yang akan dimanjakan, namun juga di beberapa rusun lain yang saat ini tengah dibangun dan diperbarui.

"Enggak hanya di Marunda saja kan, yang di Cakung ada rusun kosong melompong. Di Cipinang Besar Selatan juga kosong melompong, nanti dimasukkan. Yang di Jakbar juga banyak. Ini kita cari solusinya apa," ucapnya. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.