Sukses

Ibas Akan Klarifikasi Cara Absen Istimewa

Sudah dua hari tidak ada keterangan dari Ibas. Rencananya, siang ini Ibas akan memberikan penjelasan.

Presensi istimewa anggota Komisi I DPR Edhie Baskoro Yudhoyono atau Ibas saat rapat paripurna Selasa (11/2/2013) lalu menjadi perhatian. Ibas diketahui memang absen dengan cara diantar petugas, tetapi putra bungsu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu tidak masuk dan hadir di rapat.

Sudah dua hari tidak ada keterangan dari Ibas. Rencananya, siang ini Ibas akan memberikan penjelasan. "Iya benar nanti Mas Ibas konpers," kata Ketua Fraksi Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf saat dihubungi di Jakarta pada Kamis (14/2/2013).

Apakah keterangan pers itu memang khusus membahas permasalahan presensi istimewa atau soal lain di tubuh Demokrat? Nurhayati meminta media untuk bersabar. Namun, menurutnya, Ibas nanti kemungkinan akan bicara soal presensi istimewanya.

"Saya kira iya (bahas presensi). Nanti akan datang. Kan sudah diundang. Sabarlah," tegas Nurhayati.

Menjelang rapat paripurna, Ibas, menandatangani absensi kehadiran anggota DPR RI pada rapat paripurna DPR RI tak seperti anggota DPR RI lainnya. Absensi itu ditandatangani Ibas di bagian belakang ruang rapat paripurna DPR RI.

Sebelum menandatangani absen kehadiran anggota, salah seorang petugas Pasukan Pengamanan Presiden yang mengenakan pakaian safari mendatangi petugas absen. Setelah itu, petugas yang menjaga absensi bersama Paspamres menghampiri Ibas di tempat lain.

Ternyata, Ibas yang mengenakan batik bercorak dengan kerah berwarna biru telah menunggu untuk menandatangani absensi. Setelah menandatangani absensi, Ibas bersama pengawalnya meninggalkan DPR. Ketika hendak dikonfirmasi mengenai kedatangannya, Ibas pun menolak. "Nanti aja ya mas," ujar Ibas saat itu. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.