Sukses

Dilarang Buang Tinja Sembarangan di Pantai Ini!

Bupati semakin prihatin karena banyak kotoran manusia atau tinja yang berceceran di pinggir pantai.

Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Ichwan Yunus prihatin karena warga menjaga lingkungan masih rendah. Bupati semakin prihatin karena banyak kotoran manusia atau tinja yang berceceran di pinggir pantai.

"Jangan lagi membuang tinja sembarangan di pinggir pantai karena akan mencemari lingkungan," kata Ichwan Yunus saat sambutan di peringatan Hari Ulang Tahun Darma Wanita Persatuan ke-13 di gedung Tim Penggerak Pesatuan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Mukomuko, Bengkulu, Rabu (13/2/2013).

Ichwan mengajak warganya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang tinja sembarangan di pantai. Karena keberadaan kotoran manusia itu itu justru merusak lingkungan di sekitarnya.  

"Kami perhatikan kesadaran warga menjaga lingkungan masih rendah dengan masih ada tinja berceceran di pantai," kata dia. Ichwan berharap anggota Darma Wanita Persatuan di daerah itu bisa menjaga lingkungan sekitar terutama sekali di rumah tangga.

Ichwan juga mengimbau warga membuang sampah pada tempatnya. Hal lain yang ditekankan Ichwan bahwa sampah itu bisa dimanfaatkan menjadi barang-barang yang berguna dan memiliki nilai ekonomi seperti kegiatan Darma Wanita Persatuan daerah itu.

"Daur ulang sampah yang menjadi kegiatan Darma Wanita Persatuan itu sangat baik selain lingkungan sehat juga ada nilai ekonominya," tambahnya.

Sementara, Kepala Kantor Lingkugan Hidup Kabupaten Mukomuko Risber A Razak mengatakan tahun ini sebanyak 105 tong sampah yang akan disebarkan di pemukiman penduduk. Ini dilakukan agar warga tidak membuang sampah sembarangan.

"Tong sampah itu terdiri atas tiga jenis yakni tong sampah khusus sampai organik, non-organik, dan sampah bahan berbahaya dan beracun (B3)," kata Risber. Tiga jenis tong sampah itu disediakan agar warga belajar mengelola sampah di daerah itu. (Ant/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.