Sukses

Waspada! Ruas Tol Cipularang di KM 100 Longsor

3 Ruas Tol Cipularang di Kilometer 100 dari arah Bandung ke Jakarta tertutup longsor sepanjang 100 meter.

Hujan deras yang mengguyur Purwakarta, Jawa Barat, mengakibatkan tebing di Tol Cipularang longsor. 3 Ruas Tol Cipularang di Kilometer 100 dari arah Bandung ke Jakarta tertutup longsor sepanjang 100 meter.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Dr Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan tinggi material longsor mencapai 2-3 meter ini terjadi pada pukul 18.30 WIB. Sehingga hanya ada satu ruas yang bisa digunakan pengendara. Karena itu, kendaraan dialihkan keluar di pintu tol Padalarang dan masuk Tol Cikamuning.

"Untuk mengatasi kemacetan kendaraan dari Bandung menuju Jakarta dialihkan keluar di pintu tol Padalarang dan masuk Tol Cikamuning," jelas Sutopo melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (12/2/2013).

Polisi dan Jasa Marga masih di lapangan untuk membantu pengalihan arus dan berusaha membuka jalur Alat berat diupayakan di lokasi untuk membersihkan material. Hujan dan malam hari menjadi kendala pembersihan longsor. Belum ada laporan korban jiwa terkait kejadian ini.
 
Sutopo menambahkan ruas jalan tol Cipularang di kilometer 80 – 100 merupakan daerah rawan longsor. Beberapa kejadian longsor pernah terjadi di ruas jalan tersebut seperti di Kilometer 84; 92,4; 96,8; 98,4 dan sebagainya. Kondisi batuan yang labil dengan tipe longsoran bertipe merayap sering menimbulkan longsor. Batuan ini terdapat di sekitar Kilometer 84 di Kampung Ciganea, Jatiluhur. Kontur tanah yang labil juga mengakibatkan tebing rawan longsor.

Upaya mengatasi longsor tebing ruas jalan tol telah dilakukan oleh Jasa Marga seperti membangun tembok penahan tebing setinggi 5 meter. Bahkan pada tahun 2013 PT Jasa Marga mengalokasikan dana Rp 45 miliar untuk mengatasi longsor di tol Cipularang. Dana sebesar Rp 30 miliar digunakan untuk mengantisipasi longsor dan sisanya untuk perbaikan permukaan jalan bebas hambatan tersebut.
 
Mengingat masih tingginya curah hujan hingga akhir Maret 2013 mendatang, dikhawatirkan akan terjadi longsor susulan di sepanjang ruas tol Cipularang. Karena itu, BNPB mengimbau pengguna jalan tol dari Jakarta maupun Bandung berhati-hati saat melintasi tol Cipularang. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.