Sukses

Mantan Menteri Agama Tarmizi Taher Meninggal Dunia

Jenazah almarhum akan disemayamkan di rumah duka Jalan Merbau No 1 Komplek Angkatan Laut Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Mantan Menteri Agama Tarmizi Taher meninggal dunia di kediaman pagi tadi sekitar pukul 04.15 WIB. Purnawirawan Laksamana Muda TNI Angkatan Laut itu pernah menjabat Menteri Agama Indonesia periode 1993 sampai dengan 1998.

"Iya meninggal dunia pagi tadi di rumah duka," kata Kepala Humas Kementerian Agama Djubaedi dalam perbincangan dengan Liputan6.com, Selasa (12/2/2013).

Menurut Djubaedi, jenazah almarhum masih disemayamkan di rumah duka Jalan Merbau No 1 Komplek Angkatan Laut Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Almarhum sempat menjalani perawatan beberapa kali karena sakit stroke yang dideritanya.

"Rencananya sekitar 12.30 WIB dimakamkan di Taman Makam Kalibata, Jakarta Selatan. Dirjen Bimas Islam akan menjadi inspektur upacara pemakaman karena Pak Menteri sedang tugas ke Saudi," kata Djubaedi.

Rencananya, jenazah almarhum disalatkan di Masjid Imam Bonjol Komplek Angkatan Laut Pangkalan Jati setelah shalat dzuhur. Tarmizi Taher merupakan tokoh kelahiran Padang, Sumatera Barat, 7 Oktober 1936.

Meski dikenal sebagai Menteri Agama, awal karir almarhum bermula dari TNI AL dan pensiun dengan pangkat Laksamana Muda. Jabatan yang pernah diembannya di lingkungan militer termasuk sebagai Perwira Kesehatan di KRI Irian, Juru Bicara Fraksi ABRI di MPR, Kepala Dinas Pembinaan Mental TNI AL, dan Kepala Pusat Pembinaan Mental ABRI.

Tarmizi juga pernah diangkat menjadi Duta Besar untuk Norwegia dan Islandia dan Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia 2006 - 2011. Tarmizi juga terpilih sebagai rektor Universitas Islam Az-zahra, Jakarta. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini