Sukses

Badai Salju Hantam AS, 9 Tewas

Cuaca buruk nan ekstrem kembali membahana di Amerika Serikat.

Cuaca buruk nan ekstrem kembali membahana di Amerika Serikat. Badai salju tebal menerjang Amerika Serikat bagian timur laut, Sabtu (9/2/2013), waktu setempat.

Akibatnya, sedikitnya 9 orang tewas dan melumpuhkan sejumlah kota. Aliran listrik 700 ribu rumah terputus dan perusahaan tak dapat beroperasi lantaran tebalnya salju yang menyelimuti kawasan perkantoran. Demikian dilansir Reuters.

Badan Cuaca Nasional AS melaporkan badai melanda Negeri Paman Sam dari Great Lakes hingga Atlantik, dengan ketebalan salju rata-rata 90 cm. Badai juga menghantam Connecticut, Rhode Island dan Massachusetts, dengan ketebalan salju hingga mencapai 102cm

Selain itu, badai salju juga melanda pantai hingga peringatan waspada banjir salju pun diberlakukan. Badai diprediksi bergerak secara perlahan ke arah timur pada Sabtu petang, waktu setempat. Badai juga diprediksi bakal melanda Colorado, Nebraska, North Dakota, Minnesota, South Dakota dan Wyoming, kata Badan Cuaca Nasional.

Berbagai upaya penyelamatan dicanangkan pemerintah. Negara Bagian Massachussetts dan Connecticut mencabut larangan berpergian dengan kendaraan demi mencegah pengendara yang terjebak salju.

Badan Penelusuran Aviasi, Flightaware, melaporkan sekitar 2.200 penerbangan dibatalkan. Akibatnya, ribuan penumpang terlantar. Penundaan diperkirakan akan berlanjut hingga esok hari, Minggu 10 Februari 2013, waktu setempat.

Bandara Internasional Logan, Boston dan Bandara Internasional Bradley di Windsor Locks, Connecticut ditutup. Bandara Logan yang dihantam sajlu setebal 56 cm, diperkirakan akan dibuka kembali setidaknya sebagian pada Sabtu.

Di Portland, Maine, badai menimbulkan saju berukuran 74 cm. Ukuran ini lebih besar dari biasanya dan mematahkan rekor terbesar pada tahun 1979.

Sementara, kecepatan angin mencapai 134 km per jam di Cuttyhunk, New York telah menyebabkan pohon-pohon tumbang di sejumlah jalan.


9 Korban Tewas

Sebanyak 9 orang tewas dalam bencana badai salju ini. 5 Orang di antaranya tewas di Connecticut. Mereka adalah seorang wanita berusia 80 tahun yang tewas di dalam mobil yang terjebak salju, seorang pria berusia 40 tahun ambruk ketika berusaha membuang salju dengan menggunakan sekop, seorang pria berusia 73 tahun tergelincir dari rumahnya dan ditemukan tewas, seorang pria berusia 53 tahun yang ditemukan tewas di dalam salju yang menggumpal di luar rumahnya, dan seorang pria berusia 49 tahun yang meninggal saat membuang salju dengan menggunakan sekop.

2 orang lainnya tewas akibat keracunan karbon monoksida di tempat berbeda, yaitu seorang bocah laki-laki berusia 11 tahun di dalam mobilnya. dan pria 20 tahun yang ditemukan tidak bergerak di mobilnya.

Di Poughkeeppsie, New York, seorang pria berusia sekitar 70 tahun tewas di jalan raya yang bersalju. Korban lainnya adalah pria 23 tahun yang tewas di Germantown, New York ketika traktor yang ia gunakan tergelincir memasuki satu tanggul, kata media lokal. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.