Sukses

VIDEO: Rayakan Imlek, Warga Sajikan Makanan untuk Dewa Dapur

Persembahan bagi Dewa Dapur, merupakan ritual wajib yang dilakukan warga Tionghoa menyambut datangnya Tahun Baru China atau Imlek.

Persembahan bagi Dewa Dapur, merupakan ritual wajib yang dilakukan warga Tionghoa menyambut datangnya Tahun Baru China atau Imlek. Beragam jenis makanan dipersembahkan dengan harapan pemilik rumah juga akan diberikan rezeki melimpah di Tahun Ular Air ini.

Para koki dan pelayan memulai ritual persembahan bagi Dewa Dapur menari diiringi tetabuhan, Minggu (10/2/2013). Mereka mengantarkan para dewa ke meja altar.

Dewa Dapur menjadi fokus dalam ritual ini. Sebab sang Dewa dipercaya selalu menyertai pemilik dan penghuni rumah dalam mengelola rezeki setiap hari.

Biasanya upacara persembahan Dewa Dapur disajikan beragam jenis makanan. Mulai dari 6, 12, hingga 18 macam menu makanan yang diolah menggunakan ayam, ikan, bebek, dan daging binatang berkaki 4. Semua tergantung kemampuan ekonomi pemilik rumah.

Sementara di rumah warga Tionghoa, menu yang disajikan pun perpaduan antara menu China, Eropa, dan Indonesia. Seperti rollade daging, pindang bandeng, ayam keluak, ikan belanak masak tauco. Selain menu utama, ada pula sajian beragam jenis kue dan buah-buahan.

"Sungguh menarik, karena dalam budaya Indonesia adapula pengaruh dari budaya China yang mewarnai keragaman budaya. Menyenangkan melihat tradisi ini untuk menambah pengetahuan," ujar Mike, seorang pengunjung.

Tak hanya pada Dewa Dapur. Upacara ini juga sekaligus persembahan bagi para leluhur yang telah meninggal.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini