Sukses

VIDEO: Saat Bayi Jadi Komoditi

Polisi membongkar sindikat penjualan bayi yang telah berjaringan internasional. Mereka beroperasi dengan rapi memanfaatkan kondisi ekonomi orangtua sang bayi.

Polisi membongkar sindikat penjualan bayi yang telah berjaringan internasional. Tujuh wanita ditangkap beserta barang bukti transaksi di sebuah rumah tempat penampungan bayi di kawasan Sunter Hijau, Jakarta Utara. Dari sindikat ini, bayi-bayi bisa berpindah tangan dengan harga Rp 15 juta hingga Rp 80 juta.

Sindikat ini telah beroperasi sejak 1992 dan berjaringan internasional. Entah berapa bayi yang sudah dijual ke luar negeri. Tetapi, dalam jangka waktu 2 bulan saja, jumlah bayi yang telah dikirim keluar negeri cukup mencengangkan.

Sindikat perdagangan bayi biasanya mengadakan pendekatan langsung ke klinik dan panti asuhan untuk mengincar bayi-bayi. Modusnya adalah berlaku seperti saudara yang bisa membantu sang ibu yang kesulitan uang dan keinginan mengasuh bayi di panti asuhan.

Sasaran lain adalah daerah kumuh dan membujuk orangtua menyerahkan hak pengasuhan dengan imbalan uang. Nilai penjualan bayi juga tidak selalu melibatkan uang jutaan rupiah. Seorang ibu di Kediri, Jawa Timur, bahkan pernah memindahtangankan buah hatinya hanya dengan imbalan Rp 100 ribu.

Penelusuran SCTV memperlihatkan bahwa sindikat ini bekerja dengan rapi dengan memanfaatkan kondisi ekonomi orangtua sang bayi. Simak penelusuran selengkapnya dalam Barometer Pekan Ini melalui tayangan video di bawah ini. Selamat menyaksikan.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini