Sukses

8 Langkah yang Harus Dilakukan Kader Demokrat

SBY menjelaskan 8 langkah yang harus dipatuhi oleh seluruh kader Demokrat. Apa 8 langkah itu?

Badai yang menerpa Partai Demokrat (PD), membuat Sang Inisiator, Susilo Bambang Yudhoyono turun tangan. Di kediamannya, SBY memaparkan langkah-langkah konkret untuk menyelamatkan partai berlambang mercy tersebut.

Memakai baju berwarna biru, ciri khas PD, serta tatapan yang serius, SBY menjelaskan 8 langkah yang harus dipatuhi oleh seluruh kader Demokrat. Delapan langkah itu sebagai berikut.

1. Seluruh kader, dari tingkat Dewan Pembina PD hingga tingkat terendah di daerah harus menandatangi pakta intergritas, yang diharapkan selesai Febuari 2013.

2. Demokrat akan melakukan reposisi sejumlah personel untuk pencegahan penyimpangan baru. Acuan reposisi adalah paduan integritas, kapasitas, dan the right person at the right time.

3. Tiap kader Demokrat diwajibkan untuk menyerahkan laporan harta kekayaan pada komisi pengawas partai. Adapun format yang diikuti adalah format KPK. Selain itu, tiap anggota partai wajib memberitahukan NPWP guna memastikan mereka membayar pajak sebagaimana mestinya.

4. Pakta integritas dan laporan kekayaan kader merupakan syarat untuk menjadi calon legislatif, calon menteri, calon gubernur, calon bupati, serta calon presiden maupun calon wakil presiden yang akan diusung oleh Partai Demokrat. Bagi kader yang tidak bersedia menandatangani pakta integritas dan melaporkan harta kekayaannya, tidak akan pernah dicalonkan untuk posisi apapun.

5. Menjalankan manajemen partai yang hingga saat ini dinilai tidak berjalan dengan baik. Selayaknya manajemen organisasi yang profesional dan modern, saya ingin menegakan manajemen, aturan, disiplin, dan itikad partai yang baik.

6. Menata dan menertibkan Public Relations yang baik untuk memberi pernyataan pers, hadir di talkshow-talkshow, sesuai mekanisme Public Relations ini. Saya melihat Public Relations yang dijalankan Partai Demokrat terkadang kurang cerdas, sering saling menyudutkan, dan gagal untuk menyampaikan banyak hal yang sudah dilakukan oleh pemerintah dan partai.

7. Akan dilaksanakan rapat se-Indonesia, yang dihadiri oleh semua tingkatan hingga tingkat perwakilan cabang. Saya akan pastikan bahwa gerakan penyelamatan dan pembersihan Partai Demokrat terjadi di seluruh Indonesia.

8. Meskipun pemilu 2014 relatif dekat, Partai Demokrat akan memprioritaskan penataan dan penertiban partai. Partai Demokrat yakin pada saatnya nanti, Partai Demokrat akan lebih disukai rakyat bila beramanah dan berintegritas. Prinsip saya lupakan dulu pemilu 2014, Partai Demokrat akan fokuskan pikiran, tenaga, dan waktu untuk menata dan membersihkan serta mengkonsolidasikan partai untuk kembali ke prinsip politik yang ketika itu saya gagas bersama teman-teman.

Di akhir, SBY yang menjabat sebagai Ketua Majelis Kehormatan Partai Demokrat, mengatakan bahwa situasi ini merupakan awal dari kebangkitan partai yang mengusung slogan 'Katakan Tidak Pada Korupsi'.

"Ini adalah awal dari apa yang akan kami lakukan di jajaran Partai Demokrat, denga harapan Partai Demokrat bisa jadi partai yang berkontribusi nyata untuk rakyat, negara, dan masa depan," ucap SBY, di Puri Cikeas, Bogor, Jumat (8/2/2013).

Sebelumnya, 15 petinggi Demokrat berkumpul di kediaman Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Mereka mengadakan rapat terkait hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting yang menyebut Demokrat hanya memperoleh 8,3 persen. Angka yang nyaris tak lolos ambang batas. (Alv/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.