Sukses

VIDEO: Ortu Penjual Bayi Jadi Tersangka

Informasi pertama tentang sindikat penjualan bayi. Polisi sudah menetapkan salah satu orangtua yang menjual bayinya sebagai tersangka.

Informasi pertama tentang sindikat penjualan bayi. Polisi sudah menetapkan salah satu orangtua yang menjual bayinya sebagai tersangka. Hingga kini polisi sudah menyelamatkan 3 bayi dan masih melacak 1 bayi lagi.

Bayi 1,5 bulan ini tetap tenang di pangkuan meski bukan dalam dekapan sang bunda. Bagi sindikat perdagangan bayi ia diperlakukan layaknya barang dagangan. Diambil dari ibunya seharga Rp 2 juta untuk dijual kembali. Polisi menyelamatkannya dari rumah pembeli di Kedoya, Jakarta Barat, pada Rabu 6 Februari 2013.

Nasib sama juga dialami bayi tak berdosa, Teddy Lukas yang kini dirawat di penampungan bayi di Sunter Hijau, Jakarta Utara, setelah diselamatkan polisi, Jumat (8/2/2013). Teddy akan dilego sindikat ke Singapura seharga puluhan juta rupiah.

Hafif dan Teddy adalah 1 dari 3 bayi yang berhasil diselamatkan. Namun belasan atau puluhan bayi lainnya sudah dijual entah ke mana. Dari hasil penyelidikan, sindikat yang berjumlah 7 orang ini tergolong profesional. Bayi dibekali dokumen lengkap, termasuk paspor untuk memenuhi pesanan dari luar negeri. Bayi yang sehat dijual hingga Rp 50 juta.

Para pelaku biasanya mengincar orangtua bayi yang berasal dari keluarga miskin. Mereka berpura-pura hendak membantu biaya persalinan. Namun kebaikan itu ternyata hanya kedok untuk menangguk keuntungan dari penjualan bayi-bayi tidak berdosa ini. Pelaku akan dijerat dengan Undang-Undang Perlindungan Anak dan Undang-Undang Perdagangan Manusia dengan ancaman 15 tahun penjara. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.