Sukses

VIDEO: Hujan Deras, Tebing di Magelang Longsor

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun harta benda milik warga tidak sempat diselamatkan.

Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan tanah longsor di lereng Gunung Sumbing, Magelang, Jawa Tengah. Lima dusun terisolir akibat bencana ini.

Kondisi rumah warga Dusun Sawahrungun, Desa Nepenrejo, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sungguh menyedihkan. Rumah-rumah rusak parah akibat tertimbun longsoran tebing yang ada di belakang rumahnya.

Longsor ini disebabkan hujan deras yang terus mengguyur lereng Gunung Sumbing sejak Rabu (6/2) siang. Struktur tanah yang labil juga mengakibatkan tebing setinggi 100 meter longsor dan menimpa 4 rumah warga.

Selain merusak rumah, tebing longsor juga menutup akses jalan desa dan membuat lima dusun terisolir. Hingga sore tadi, warga dibantu aparat bergotong royong menyingkirkan material tanah dan pohon yang tumbang untuk membuka akses jalan.

Intensitas hujan yang tinggi juga membuat rumah warga di Desa Sukarasa Kecamatan Ganeas, Sumedang, Jawa Barat, tertimbun longsor. Tebing penahan ini seketika ambruk dan menimpa dua rumah yang ada di bawahnya.

Selain itu, puluhan rumah lainnya juga terancam longsor karena berada di titik longsoran tanah. Hingga saat ini warga tidak berani kembali ke rumah karena takut longsor akan kembali terjadi.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun harta benda milik warga tidak sempat diselamatkan. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini