Sukses

PDIP: Jangan Recoki Jokowi dengan Agenda Kekuasaan

PDIP berharap Gubernur Jokowi tidak dulu diganggu dengan agenda kekuasaan dan membiarkan yang bersangkutan untuk bekerja bagi Jakarta.

Survei yang dilakukan Pusat Data Bersatu (PDB) menghasilkan nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), bertengger di urutan pertama capres yang paling diminati untuk Pilpres 2014. Bahkan, elektabilitas Jokowi jauh di atas Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri yang berada di posisi ketiga.

Namun, PDIP sebagai partai tempat Jokowi bernaung agaknya tak begitu berminat menyokong Jokowi untuk maju dalam Pilpres 2014. Jokowi dinilai harus berbuat banyak dulu untuk Jakarta dan warga Ibu Kota yang memilihnya ketimbang memikirkan hal lain.

"Jangan recoki dia soal agenda kekuasaan. Tantangan untuk Jokowi saat ini adalah membuktikan bahwa dia bisa meyakinkan warga Jakarta untuk dipercaya melakukan perubahan," tegas Ketua DPP PDIP, Maruarar Sirait, saat ditemui di Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Maruarar menilai saat ini Jokowi sudah punya modal kuat, yaitu memenangkan hati warga Jakarta. Tugas berikutnya adalah membuktikan bahwa kepercayaan itu tidak salah. "Konsentrasi Jokowi harus di situ. Bisa tidak dia menangani dan mengatasi banjir, macet, kriminalitas, dan tata ruang yang lebih hijau," ujarnya.

Kendati demikian, lanjut Maruarar, partainya bersyukur karena dari posisi 3 besar hasil survei itu, 2 di antaranya adalah kader PDIP. "Itu berarti proses kaderisasi di PDIP berjalan sangat baik. Saya pikir, sepanjang sejarah republik ini belum pernah ada dalam 3 besar 2 calon yang paling tinggi dalam satu partai. Itu kan patut disyukuri," imbuh anggota Komisi XI DPR ini.(Ado)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.