Sukses

PDIP: Capres Bisa Megawati Bisa Orang Lain

Apakah PDI Perjuangan membuka pintu bagi Jokowi untuk maju sebagai calon presiden?

Popularitas Gubernur DKI yang juga politisi PDI Perjuangan Joko Widodo atau Jokowi terus meroket. Dari hasil survei lembaga baru bentukan politisi dan juga ekonom, Didik J Rachbini, Pusat Data Bersatu (PDB) menyebut popularitas Jokowi melampaui sang Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Bahkan melewati Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Apakah PDI Perjuangan membuka pintu bagi Jokowi untuk maju sebagai calon presiden? Salah satu Ketua DPP PDI Perjuangan, Maruarar Sirait, tidak ingin berspekulasi. "Artinya, kita bicarakan itu nanti pada waktunya. Kami juga akan bicarakan itu akhir tahun atau awal tahun depan," kata Maruarar.

Hal itu disampaikan Maruarar di acara diskusi Formappi (Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia) dengan tema 'Carut Marutnya Rekruitmen Caleg' di kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Kamis (7/2/2013).

Politisi muda yang akrab disapa Ara ini menegaskan, PDI Perjuangan belum memutuskan siapa calon presiden. Karena kebutuhan dari Kongres Nasional partai pertama, kedua, dan ketiga berbeda-beda.

"Kongres pertama dan kedua capres PDIP otomatis Ketum terpilih. Kongres Ketiga April 2010 lalu di Bali. Yang terakhir, Ketum memiliki kewenangan untuk menentukan capres. Artinya bisa Ibu Mega bisa orang lain," ujar Ara. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini