Sukses

16 Parpol 'Gurem' Siap Dikomandoi Ketum PKPI Sutiyoso

Bersama PKPI, mereka akan membahas strategi agar lolos sebagai peserta Pemilu 2014 mendatang.

Sebanyak 16 dari 24 partai yang tak lolos verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) alias 'gurem' akan merapatkan barisan di bawah komando Sutiyoso, sang Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). PKPI merupakan salah satu partai politik yang akhirnya dinyatakan lolos sebagai peserta kesebelas Pemilu 2014.

16 Partai yang membentuk Aliansi Partai Politik Penegak Konstitusi (AP3K) itu hadir di markas PKPI, Menteng, Jakarta, Kamis (7/2/2013). Bersama PKPI, mereka akan membahas strategi agar lolos sebagai peserta Pemilu 2014 mendatang.

"Setelah sekian lama kami berjuang, ada sengketa antar-partai yang dikatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU, dan dimediasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Mediasi itu sudah berjalan. Maka berlanjut ajudikasi. Namun, hanya PKPI yang sudah dinyatakan lolos setelah adanya putusan sidang ajudikasi," kata Sutiyoso.

Dengan diloloskannya PKPI, lanjut dia, maka aliansi partai politik akan berkumpul kembali sebagai komitmen bersama untuk terus berjuang menegakkan keadilan dengan menyusun strategi.

"Berapa sih kekuatan 17 partai aliansi ini? Mari kita tengok," ajak Sutiyoso.

Keenambelas parpol yang tergabung dalam AP3K itu adalah Partai Demokrasi Pembaruan (PDP), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Kedaulatan, Partai Damai Sejehtera (PDS), Partai Buruh, Partai Persatuan Nasional (PPN), PKPB, Partai Nasional Republik (Nasrep).

Sementara 8 partai sisanya, yakni Partai Serikat Rakyat Independen, Partai Kongres, Partai Republik, Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), Partai Kebangkitan Nahdlatul Ulama (PKNU), dan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN), Partai Pekerja Pengusaha Indonesia (P3I), dan Partai Serikat Independen (SRI). (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.