Sukses

Tuntut Priyo Diperiksa, Pendemo-Polisi Bentrok di KPK

Pendemo terlibat baku hantam dengan aparat kepolisian di depan Gedung KPK saat menuntut Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso diperiksa terkait kasus korupsi pengadaan Alquran.

Sejumlah demonstran terlibat baku hantam dengan aparat kepolisian di depan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis (7/2/2013).

Awalnya, massa yang berjumlah lebih dari 50 orang itu berorasi mendesak KPK segera mengusut politisi Partai Golkar, Priyo Budi Santoso, atas dugaan keterlibatannya dalam korupsi pengadaan Alquran. Unjuk rasa pun berlangsung damai.

Namun, massa yang tergabung dalam Serikat Nasional Anti-Koruptor (Senator) ini tidak hanya melakukan orasi. Mereka juga ikut membakar foto Wakil Ketua DPR itu dan sejumlah spanduk yang mengakibatkan kemacetan kendaraan di ruas jalan persis depan Gedung KPK.

Bentrokan pun tidak dapat dihindari, setelah polisi yang berjaga di Gedung KPK terlibat adu mulut dengan demonstran yang tidak ingin aksi bakar-bakarannya dihentikan.

Entah pihak mana yang memulai, adu jotos pun terjadi antara demonstran dan sejumlah anggota Brimob. Massa yang kalah jumlah itu pun akhirnya kocar-kacir. Polisi berhasil mengamankan dua orang pengunjuk rasa yang diduga sebagai provokator.  

Akibat kejadian tersebut, lalu-lintas di depan Gedung KPK yang dari arah Menteng menuju Mampang pun sempat terganggu. Saat berita ini diturunkan, demonstran telah membubarkan diri dan lalu-lintas normal kembali.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.