Sukses

VIDEO: Demo Buruh di Mana-mana

Unjuk rasa buruh tidak hanya terjadi di Jakarta melainkan di sejumlah daerah.

Unjuk rasa buruh tidak hanya terjadi di Jakarta melainkan di sejumlah daerah, seperti Batam. Para buruh menuntut kesejahteraan mereka.

Dengan mengendarai sepeda motor, ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Pekerja Metal Indonesia(SPMI) Kota Batam, Kepulauan Riau berkonvoi dari kawasan industri Batamindo menuju kantor Walikota Batam.

Para buruh meminta Walikota Batam untuk mendesak pemilik perusahaan agar segera membayarkan upah mereka sesuai ketentuan yang sudah disepakati.Pihak buruh juga menolak tegas atas penangguhan upah minimum yang sudah mengalami kenaikan pada tahun lalu.

Pihak kepolisian setempat cepat tanggap mengantisipasi aksi anarkis demonstran. Ratusan personel berjaga dan memagari depan kantor Walikota Batam dengan kawat berduri.

Demo serupa juga terdapat di Bandung, Jawa Barat tepatnya di depan Gedung Sate. Demo buruh di Bandung digelar dengan pengawalan ketat polisi.

Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia(FSPMI) se-Bandung raya ini menuntut pemerintah tidak menangguhkan upah minimum. Selain itu, mereka mendesak pelaksanaan jaminan kesehatan buat pekerja dan menolak kenaikan Tarif Dasar Listrik (TDL). Mereka mengancam akan menggelar aksi serupa dengan massa yang lebih banyak jika tuntutannya tidak dipenuhi.

Pemandangan hampir sama ditemui di Surabaya. Ratusan buruh yang tergabung dalam aksi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) se-Jawa Timur juga melakukan aksi demo di depan Gedung DPRD provinsi Jawa Timur. Pendemo menuntut upah minimum sektoral di 5 kawasan padat industri di Jawa Timur.

Pihak buruh menuntut kenaikan 10 hingga 30 persen dari upah tahun 2012. Dalam aksi yang berlangsung damai ini, sejumlah anggota DPRD dan pejabat Pemprov Jawa Timur menemui pendemo. Sejumlah anggota DPRD dan pejabat Pemprov Jatim berjanji akan menampung tuntutan mereka dan berjanji akan segera merealisasikannya. (Mhs/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini