Sukses

VIDEO: Hujan 2 Hari, 7 Desa di Jambi Diterjang Banjir

Hujan deras selama 2 hari mengakibatkan 7 desa di Jambi direndam banjir.

Warga di sejumlah daerah harus menanggung kesusahan akibat terjangan banjir. Selain merendam rumah, banjir juga mengganggu lalu lintas. Banjir antara lain terjadi di Bandung, Sukabumi, Purwakarta, dan Jambi.

Banjir besar yang terjadi di Jambi benar-benar menyusahkan warga setempat. Ribuan rumah di Kecamatan Nalo Tantan nyaris tenggelam karena ketinggian air mencapai atap rumah. Akses menuju lokasi banjir pun hanya bisa dijangkau dengan menggunakan perahu besar, karena air cukup deras. Sejumlah warga berusaha menyelamatkan diri dengan cara berenang.

Sedikitnya 7 desa di Kecamatan Nalo Tantan kini terisolir. Ketujuh desa itu adalah Desa Sungai Ulak, Desa Aur Duri, Desa Danau, Desa Nalo Gedang, Desa Telum, Desa Nalo, dan Desa Tantan. Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) dibantu polisi dan TNI terus berusaha untuk mencapai lokasi.

Banjir ini terjadi setelah hujan lebat terus turun selama 2 hari terakhir. Akibatnya sejumlah sungai di wilayah Kecamatan Nalo Tantan meluap. Sementara di Bandung, Jawa Barat, lalu lintas kendaraan di Jalan Raya Dayeuhkolot benar-benar terganggu akibat jalan terendam air. Ketinggian air mencapai 50 cm. Sejumlah kendaraan yang nekat melintas banyak yang mogok.

Bahkan sejumlah warga terpaksa menggunakan perahu untuk melintas. Banjir ini telah mengakibatkan ribuan rumah di dua kecamatan di Kabupaten Bandung terendam banjir yang berasal dari luapan sungai Citarum. Banjir terparah terjadi di Kampung Cieunteung, Desa Baleendah, di mana ketinggian air bisa mencapai 2 meter.

Di Sukabumi banjir yang melanda Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, merendam sekitar 100 rumah. Banjir setinggi lutut orang dewasa ini terjadi setelah hujan deras mengguyur  dan diperparah oleh terganggunya saluran air. Banjir juga merendam 2 sekolah, yaitu Sekolah Dasar Negeri Cidadap 1 dan Cidadap 2. Ratusan pelajar pun terpaksa diliburkan.

Sementara di Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, ratusan rumah terendam banjir dengan ketinggian air 50 centimeter hingga 1 meter. Selain tingginya curah hujan selama 3 hari terakhir, banjir juga disebabkan meluapnya Sungai Cinangka serta Sungai Cikao, Bandung. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini