Sukses

Kunjungi Masjid di Mesir, Ahmadinejad Dilempar Sepatu

Lemparan sepatu adalah bentuk penghinaan paling hina dalam masyarakat Arab.

Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad menjadi target pelemparan sepatu -- bentuk penghinaan paling hina dalam masyarakat Arab, saat berkunjung ke sebuah masjid di ibukota Mesir, Kairo. Untung, tak kena.

Insiden terjadi saat Ahmadinejad meninggalkan masjid Al Hussein, Selasa kemarin.

Seperti dimuat BBC (6/2/2013), aparat keamanan mengamankan seorang pria yang diduga sebagai pelaku. Video insiden tersebut, yang dirilis media Turki, Anadolu menunjukkan, pelaku meneriakkan kata "pengecut", saat berusaha maju menyeruak kerumunan, sebelum melemparkan sepatunya.

Belum jelas apa sebenarnya motif pria itu melempar sepatu. Namun ada dugaan terkait dukungan Iran terhadap rezim pemerintahan Suriah. Dari aksennya, pelaku diyakini orang Suriah.

Dugaan lain, presiden negara yang mayoritas warganya memeluk muslim Syiah menimbulkan gesekan di Mesir -- yang mayoritas muslim Sunni.

Selain lemparan sepatu, di luar masjid, empat pemuda melambaikan poster berisi kecaman pada Iran, atas dukungan negara itu ke rezim Suriah.

Ahmadinejad adalah pemimpin Iran pertama yang berkunjung ke Mesir, sejak Revolusi Islam tahun 1979.  Ia menghadiri pertemuan puncak Organisasi Kerjasama Islam, yang beranggotakan 57 negara.

Insiden pelemparan sepatu yang paling terkenal menimpa Presiden Amerika George W Bush yang berkunjung ke Irak tahun 2008 lalu.

Sepatu dilempar sebanyak dua kali, tak satu pun kena. Seorang wartawan Irak diamankan oleh para pengawal karena melempar sepatu dan  memanggil Bush dengan sebutan kasar, "seekor anjing."

Rakyat Irak juga melempari patung Saddam Hussein di Baghdad dengan sepatu, setelah dia digulingkan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.