Sukses

Usai Berorasi di Istana, Buruh Bergerak Menuju DPR

Pendemo yang mengatasnamakan Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melanjutkan aksi ke Gedung MPR/DPR Senayan.

Usai berunjukrasa selama dua jam di depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (6/2/2013), ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melanjutkan aksi ke Gedung MPR/DPR Senayan.

Unjukrasa yang berlangsung damai itu berakhir sekitar pukul 14.00 WIB. Sebelum melanjutkan ke gedung parlemen, pendemo akan menyambangi halaman Gedung Balaikota DKI Jakarta.

"Kita akan menyapa dulu pak Gubernur Joko Widodo sebelum melanjutkan ke DPR," ujar koordinator aksi di atas mobil komando.

Massa berjalan kaki atau long march dari Istana Merdeka di Jalan Medan Merdeka Utara menuju ke Balaikota yang berada di Jalan Medan Merdeka Selatan. Aksi ini mengakibatkan arus lalu lintas dari arah Harmoni menuju ke Jalan Thamrin tersendat.

Dalam orasinya, para pendemo kembali meneriakkan 4 tuntutan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Mereka Pendemo meminta pemerintah segera merealisasikan tuntutan mereka yang disebut Jamsostum segera direalisasikan. Tuntutan tersebut berupa:

1. Menjalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat tanpa terkecuali mulai 1 Januari 2014
2. Menjalankan jaminan pensiun mulai 1 Juli 2015
3. Pemberian upah layak berdasarkan 84 item komponen hidup layak (KLH).
4. Penolakan penangguhan upah minimum. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.