Sukses

Sampah Hiasi Aksi Demo Buruh

Mulai dari depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) yang dijadikan tempat peristirahatan sejenak, hingga depan Gedung Istana Presiden tak luput dari taburan sampah-sampah peninggalan para demonstran itu.

Sampah menjadi hiasan dalam aksi demo kali ini. Mulai dari depan Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) yang dijadikan tempat peristirahatan sejenak, hingga depan Gedung Istana Presiden tak luput dari taburan sampah-sampah peninggalan para demonstran itu.

Pantauan Liputan6.com Rabu (9/2/2013), sampah-sampah tersebut berasal dari bungkus minuman botol serta bungkus makanan seperti roti dan makanan ringan lainnya. Usai bersitirahat, mereka tak membuang sampah pada tempatnya melainkan meninggalkan begitu saja di jalan.

Hingga siang ini, belum ada yang membersihkan sampah-sampah tersebut. Alhasil, 'hiasan' itu berterbangan di tengah jalan raya dan mengotori jalan yang dipakai para buruh itu berdemo.

Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) itu melakukan demonstrasi sejak pukul 10.00 WIB, mulai dari Bundaran Hotel Indonesia dan kini telah berada di depan Istana Presiden. Kemudian mereka akan bergerak lagi ke depan Gedung DPR dan mengkhiri aksinya di Gedung Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Para buruh yang berasal dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi itu menuntut pemerintah untuk menjalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat tanpa terkecuali mulai 1 Januari 2014, menjalankan jaminan pensiun mulai 1 Juli 2015, memberikan upah layak berdasarkan 84 item komponen hidup layak (KLH) dan menolak penangguhan upah minimum. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini