Sukses

Gempa Dahsyat Solomon, Belum Ada Peringatan Tsunami Untuk RI

Gempa dahsyat dengan kekuatan 8,0 skala Richter mengguncang Kepulauan Solomon di Samudera Pasifik, Rabu pagi.

Gempa dahsyat dengan kekuatan 8,0 skala Richter mengguncang Kepulauan Solomon di Samudera Pasifik, Rabu (6/2/2013). Pacific Tsunami Warning Center (PTWC) mengeluarkan peringatan tsunami untuk pulau-pulau di Pasifik Selatan.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, berdasarkan data Badan Survei Geologi AS(USGS),  gempa terjadi pada pukul 01.12 GMT atau pukul 08.12 WIB di dekat Santa Cruz Islands, yang merupakan bagian dari Kepulauan Solomon.

"Gempa itu terjadi di kedalaman 5,8 kilometer. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik di Hawaii memperingatkan bahwa gempa besar itu bisa memicu "tsunami destruktif" di dekat pusat gempa," kata Sutopo dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Berdasarkan analisis PTWC, diperkirakan tsunami akan sampai ke Papua Nugini 2 jam setelahnya, dan diperkirakan akan sampai di 4,5 jam berikutnya yaitu pada pukul 15.30 WIT.

Berdasarkan pantauan PTWC masih belum ada informasi laporan kerusakan dari berbagai negara yang kemungkinan terkena.

"BNPB masih menunggu peringatan dini tsunami dari BMKG terkait gempa tersebut. BMKG adalah institusi yang berwenang mengeluarkan warning tsunami di Indonesia dan BNPB terus berkoordinasi dengan BMKG," kata Sutopo. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini