Sukses

Pengganti Anis Matta di DPR Diumumkan Kamis

PKS sudah mengantongi 4 nama yang akan dicalonkan menggantikan Anis Matta. Mereka adalah Zulkieflimansyah, Fahri Hamzah, Andi Rahmat, dan Sohibul Iman.

Anis Matta menyatakan mundur sebagai Wakil Ketua DPR usai ditunjuk sebagai Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Posisi Anis Matta di DPR pun akan segera ditentukan PKS.

Juru Bicara PKS, Mardani Ali Sera, menjelaskan, saat ini persoalan pergantian Anis Matta akan dibahas terlebih dahulu di DPP PKS. Setelah itu, DPP PKS akan membawanya ke Dewan Pimpinan Tingkat Pusat PKS.

"Prediksi kami, Kamis sudah kami putuskan namanya. Jadi Kamis sore mungkin," kata Mardani di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Menurut Mardani, saat ini PKS sudah mengantongi 4 nama yang akan dicalonkan menggantikan Anis Matta. Mereka adalah Zulkieflimansyah, Fahri Hamzah, Andi Rahmat, dan Sohibul Iman. "Sekarang fraksi menyimpulkan akan mengajukan 2 nama dari 4 nama itu," jelasnya.

Mardani menjelaskan, calon terkuat yang akan menggantikan posisi Anis Matta sebagai Wakil Ketua DPR kemungkinan besar berasal dari bidang ekonomi. "Peluang terbesar untuk menggantikan posisi Pak Anis dari Komisi XI DPR, karena itu kan berkaitan dengan komisi ekonomi," ujarnya.

Mengenai pergantian Luthfi Hasan Ishaaq di DPR, Mardani menyatakan, pihaknya juga akan menentukan siapa pengganti anggota Komisi I DPR itu. "Kamis kami akan menemui Pak Luthfi. Jadi lisannya sudah mungkin, tertulisnya hari Kamis dan itu kami akan ambil surat (pengunduran diri)," ujarnya.

Anis Matta mengundurkan diri setelah ditunjuk sebagai Presiden PKS. Anis Matta menggantikan posisi Luthfi Hasan Ishaaq yang telah ditetapkan sebagai tersangka suap impor daging sapi. Luthfi Hasan kini juga harus menghuni Rutan Guntur. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.