Sukses

200 Relawan Tagana Evakuasi Korban Banjir Bekasi

Sebanyak 200 relawan turun guna mengevakuasi warga korban banjir di sejumlah wilayah pemukiman warga di Bekasi.

Sebanyak 200 relawan turun guna mengevakuasi warga korban banjir di sejumlah wilayah pemukiman warga di Bekasi akibat luapan Sungai Bekasi dan Cikeas pada Selasa tengah malam.

"Secara keseluruhan ada 200 relawan turun untuk mengevakuasi warga, selain sejumlah personell Kepolisian yang ikut mengamankan berbagai lokasi yang sekiranya perlu pengamanan," kata Ketua Forum Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bekasi, Engkus Kustara, Jakarta, Selasa dini hari, (5/2/2013).

Menurutnya relawan tersebut berasal dari beberapa kesatuan seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, SAR, Tagana, Himapala, Hirpala, Lingkar Pelangi, dan Pramuka Peduli. Engkus mengatakan para relawan saat ini sudah menyiapkan sejumlah kebutuhan bagi para pengungsi, seperti air minum bersih dan makanan.

Banjir setinggi 1,5 - 3 meter menggenangi sejumlah wilayah pemukiman warga di Bekasi akibat luapan Sungai Bekasi dan Cikeas pada Selasa tengah malam. Wilayah yang terendam banjir tersebut antara lain adalah Villa Jati Rasa, Pondok Gede Permai, Kemang Ifi Graha dan  Pondok Metro Sari di Kelurahan Jati Rasa Kecamatan Jati Asih, Bekasi. Kemudian Perumahan Jaka Kencana, Perumahan Departemen Tenaga Kerja, Pondok Pekayon dan Pangkalan Bambu di Kelurahan Jaka Setia, Kelurahan Pekayon Jaya, Kelurahan Marga Jaya yang berada di Kecamatan Bekasi Selatan.

Banjir juga menggenangi RW 04 Kelurahan Sepanjang Jaya Kecamatan Rawa Lumbu serta RW 26 Margahayu Kecamatan Bekasi Timur. "Di Pondok Gede Permai, tempat saya melakukan pemantauan pelaksanaan evakuasi, sudah dibuka tempat penampungan pengungsi," katanya.

Tagana bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta masih akan bersiaga menghadapi kemungkinan banjir akibat curah hujan maupun kiriman hingga bulan Maret 2013.(Ant/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini