Sukses

VIDEO: Harga Daging Sapi Masih Meroket

Pembatasan daging impor, membuat harga daging di Sampang, Madura, Jawa Timur, naik sedangkan sapi Madura justru dijual ke luar karena lebih mahal.

Pembatasan daging impor, membuat harga daging di sejumlah daerah kembali naik. Kondisi ini antara lain terjadi di Sampang, Jawa Timur.

Pantauan Liputan 6 SCTV di pasar tradisional Sampang, Senin (4/2/2013), harga daging sapi naik mencapai Rp 85 ribu per kilogram dari harga sebelumnya Rp 60 ribu rupiah per kilogram. Harga daging super juga mengalami kenaikan dari Rp 80 ribu rupiah per kilogram menjadi Rp 95 ribu rupiah per kilogram.

Kenaikan ini membuat jumlah pembeli daging di pasar Sampang berkurang sehingga para pedagang tidak berani menyimpan stok daging dalam jumlah banyak. Menurut sejumlah pedagang kenaikan ini terjadi akibat dibatasinya  daging impor. Sementara, sapi asal Madura justru dijual ke luar pulau karena harganya lebih mahal.

Sementara itu, kenaikan harga daging juga kerap disebabkan biaya transportasi yang mahal, seperti halnya yang dialami para peternak sapi di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Sejumlah peternak mengatakan meski populasi di Sumbawa cukup banyak namun pengiriman ke daerah lain kerap terganggu akibat kurangnya kapal pengangkut dari Sumbawa ke Surabaya. Biaya pengiriman sapi pun bisa membengkak apalagi pemilik kapal sering tidak mau mengirimkan sapi jika jumlahnya dianggap belum bisa menutupi biaya operasional kapal. Pengiriman sapi pun terhambat sehingga pasokan daging berkurang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini