Sukses

VIDEO: Gunung Lokon Meletus Lagi

Gunung Api Lokon di Tomohon, Sulut, meletus lagi dengan menyemburkan abu vulkanik setinggi 3.000 meter dari kawah Tompaluan, arah barat daya.

Gunung Api Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara meletus lagi. Gunung berketinggian 1.580 meter ini menyemburkan abu vulkanik setinggi 3.000 meter dari kawah Tompaluan, arah barat daya. Abu disertai suara gemuruh yang terdengar hingga ke pos pemantau berjarak 6 kilometer dari kawah Tompaluan.

Kepala Pos Pemantau Gunung Api Lokon Farid Bina mengatakan aktivitas gunung terus meningkat sejak letusan pada Sabtu 2 Februari lalu. Letusan gempa vulkanik yang dalam dan dangkal terus terjadi hingga letusan dengan tremor maksimum terjadi.

Sejak letusan pertama pada pukul 04.09 WITA, terhitung sudah sepuluh kali letusan susulan yang terjadi hingga Minggu (3/2/2013) malam.

Kini status Gunung Lokon, masih berada pada level 3 siaga. Pemerintah setempat meminta warga selalu waspada dan menjauhi zona sejauh 2 kilometer di kawah Tompaluan. Imbauan untuk menghindari hal-hal tak diinginkan.

Pada Selasa 8 Januari lalu juga Gunung Api Lokon meletus. Muntahan letusan yang disertai dentuman kuat terdengar di pos pemantau Gunung Api Lokon-Mahawu. Gunung api itu juga terakhir meletus pada Senin 31 Desember 2012.(Tys/Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.