Sukses

SMRC: Persepsi Masyarakat Demokrat Terkorup

Kalau dilihat data-data, masyarakat suka terhadap kinerja yang dilakukan presiden pada periode kedua ini, di mana harusnya dukungan pada Partai Demokrat itu meningkat, tapi itu tidak terjadi

Saiful Mujani Research and Consultant (SMRC) menyatakan, dari hasil surveinya, Partai Demokrat merupakan partai yang dinilai terkorup.

"Dari temuan yang kita dapat, dapat disimpulkan Demokrat merupakan partai yang dipersepsi masyarakat sebagai partai yang paling banyak melakukan korupsi, dengan persentase sebesar 48 persen," ujar Direktur Riset SMRC Jayadi Hanan, Minggu (3/2/2013).

Angka tersebut bisa muncul karena wabah anomali yang melanda Demokrat. "Kalau dilihat data-data, masyarakat suka terhadap kinerja yang dilakukan presiden pada periode kedua ini, di mana harusnya dukungan pada Partai Demokrat itu meningkat, tapi itu tidak terjadi, karena itu, inilah yang menjadi dasar bagi kita untuk menyebutnya sebagai tren anomali," papar Jayadi.

Selengkapnya, berikut partai-partai yang dipersepsikan terkorup versi SRMC.

1. Demokrat: 44,8 persen
2. Golkar: 6,5 persen
3. PDIP: 2,4 persen
4. PKB: 0,8 persen
5. Gerindra: 0,7 persen

Dalam catatan Indonesia Corruption Watch, sebanyak 52 politisi tersandung korupsi selama 2012. Dari jumlah itu, Golkar sebagai partai yang kadernya paling banyak tersandung korupsi.

Survei ini dilakukan SMRC pada 6 Desember sampai 20 Desember 2012, dengan tingkat kesalahan tiga persen, dan mewawancarai 1.220 responden. (Yus)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini