by Moch Harun Syah

Jokowi: Pengerukan Waduk Pluit 'Itik-itik' Dulu

125922
  • Peristiwa
  • 0
  • Sabtu, 02 Februari 2013 19:28
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi meninjau jalannya pengerukan Waduk Pluit, Jakarta Utara. Penggarapan waduk terbesar di Jakarta itu akan dilaksanakan sedikit demi sedikit, mulai dari hal sederhana sembari menunggu turunnya dana APBD.

"Sekarang itik-itik (kecil-kecil) dulu, pemanasan. Nanti besar setelah APBD jalan," kata Jokowi di Waduk Pluit, Jakarta Utara, Sabtu (2/2/2013).

Tadinya Jokowi ingin melihat para petugas yang sedang bekerja, namun sayang mereka sudah pulang.  "Lagi ngelihat yang kerja, tapi sudah selesai," ucap Jokowi.

Jokowi membayangkan jika waduk tersebut diperlebar dan ditambah kedalamannya, maka kapasitasnya bisa berlipat-lipat dari sebelumnya.
 
"Kita mencoba memulai. Ini ada 80-an hektare (luas waduk), diduduki 20 hektare, dan kedalamannya seharusnya 10 meter, tapi sekarang cuma 2 meter. Kalau dilebarin lagi plus 10 meter kedalamannya bayangin bisa 6 kali lipat kapasitas sekarang," jelas Jokowi.

Tak cuma Waduk Pluit yang kedalamannya kurang optimal, Jokowi mengaku banyak waduk lain di Jakarta yang cuma sedalam 2 meter. Masih banyak waduk lain yang kurang diperhatikan. "Yang lain juga 2 meter gimana, enggak ada pemeliharaan. Ini yang mau dikerjakan, tahu kondisi lapangan. Kalau sudah ke lapangan tahu semua," cetus Jokowi. (Ndy)

Comments
Sign in to post a comment