Sukses

VIDEO: Setelah PKS Tersandung, Adakah Parpol yang Bersih?

Penangkapan Presiden PKS, Luthfi Hasan Ishaaq, membuat banyak pihak kaget. Kalau PKS yang mengaku sebagai parpol bersih bisa tersandung, bagaimana dengan parpol lain?

Penangkapan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaaq, sebagai tersangka kasus suap membuat kaget banyak orang. Karier Luthfi meredup. Inilah kali pertama seorang ketua umum parpol menjadi tersangka dan tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tak hanya suap dan korupsi, bau adanya gratifikasi seks juga mencuat dalam kasus suap impor daging sapi ini. Seorang mahasiswi berinisial MS ikut dibawa KPK untuk diperiksa karena berada di kamar hotel saat penggerebekan terhadap salah seorang tersangka. Tapi, dia kemudian dilepas karena dianggap tak berhubungan langsung dengan kasus suap.

Kembali ke PKS, ini jelas bukan kali pertama kadernya terperosok. Meski tak melibatkan pimpinan partai, sejumlah kader PKS juga pernah menuai cibiran karena memiliki etika tercela, seperti Arifinto dan Misbakhun. Namun, inilah puncak dari semua kegemparan itu, pucuk pimpinan parpol ditangkap karena kasus korupsi.

Jika dilihat secara keseluruhan, PKS jelas bukan parpol paling bermasalah soal korupsi. Lihat saja, sudah puluhan anggota DPR yang dibui oleh KPK dan berasal dari parpol yang beragam. Yang membuatnya sekarang menjadi berbeda, ketika PKS ikut terjerumus ke dalam kubangan yang sudah duluan dibuat orang lain.

Karena itu, jika sebuah parpol yang mengangkat slogan "Bersih Peduli Profesional" saja pimpinannya bisa terjerembab, bagaimana dengan partai yang lain. Jadi, masih adakah parpol yang bersih di negeri ini? Selengkapnya Anda dapat menyimak dalam tayangan video Barometer SCTV minggu ini. Selamat menyaksikan.(Ado)



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini