Sukses

ICW: Mentan Harus Diperiksa Terkait Suap Impor Daging Sapi

ICW mendesak KPK untuk segera memeriksa pihak lain yang ada hubungannya dengan kasus suap impor daging sapi, misalnya Menteri Pertanian.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diminta segera memeriksa Menteri Pertanian, Suswono, terkait kasus dugaan suap impor daging sapi yang melibatkan mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Luthfi Hasan Ishaaq.

"Kementerian Pertanian kan leading sektornya. Jadi penting untuk dilakukan pemeriksaan terhadap Mentan," ujar Koordinator Divisi Korupsi Politik ICW, Abdullah Dahlan, di Cikini, Jakarta, Sabtu (2/2/2013).

Langkah ini sangat penting, lanjut Dahlan, untuk mengurai relasi yang ada hubungannya dengan suap impor daging sapi, di mana sektor tersebut merupakan bagian dari Kementerian Pertanian.

"Karena itu, keputusan KPK menetapkan mantan Presiden PKS sebagai tersangka, merupakan pintu masuk untuk mengusut dugaan keterlibatan pihak lain dalam kasus ini," imbuhnya.

Dengan menelisik keterlibatan pihak lain, KPK nantinya akan dapat memilah-milah peran serta bentuk keterlibatan mereka yang ikut dalam penyuapan ini. ”KPK akan tahu pihak mana saja yang punya relasi dengan kasus ini," jelas Dahlan.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini