Sukses

Kapal Penumpang Waterway Beroperasi 2 Pekan Lagi di Marunda

Rencananya, dua unit kapal penumpang itu akan beroperasi pertengahan bulan ini.

Pemerintah provinsi DKI sudah menyiapkan dua armada transportasi laut untuk memudahkan akses bagi warga di sekitar Marunda dan Muara Baru, Jakarta Utara. Rencananya, dua unit kapal penumpang itu akan beroperasi pertengahan bulan ini.

"Beroperasi sekitar dua minggu lagi," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono, Jumat (1/2/2013). Dua unit kapal penumpang ini diharapkan dapat mendukung transportasi warga yang sempat kebanjiran itu.

Dua kapal yang disiapkan itu berjenis kapal kerapu dengan kapasitas sekitar 30 orang. Salah satu tujuan diadakannya transportasi laut itu juga untuk memudahkan warga Marunda yang mayoritas bekerja di Muara Baru.

Transportasi ini semakin mendukung kelengkapan fasilitas di sekitar rumah susun Marunda yang tengah gencar digaungkan pemerintah provinsi DKI. Rusun Marunda ini bertujuan untuk menampung warga yang tinggal di sekitar Waduk Pluit, Jakarta Utara. Padatnya pemukiman di kawasan Waduk Pluit menjadi salah satu penyebab banjir besar Jakarta.

Menurut Udar, saat ini kondisi laut yang berada di pinggiran pantai dari Marunda ke Muara Baru sudah terlihat lebih bersih. Transportasi ini juga diharapkan bisa memudahkan akses warga menuju Muara Angke dan Ancol. "Biar warga semakin mudah," kata dia. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.