Sukses

VIDEO: Batavia Air Tak Beroperasi, Penumpang Terlantar

Menyusul penetapan status pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, ratusan calon penumpang Batavia Air terlantar di beberapa bandara.

Menyusul penetapan status pailit oleh Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, ratusan calon penumpang Batavia Air terlantar di beberapa bandara, seperti Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Bandara International Juanda Surabaya, Bandara Rejani Manokwari Papua Barat, dan Bandara International Soekarno Hata, Tangerang, Banten.

Emosi calon penumpang Batavia Air di Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta, disampaikan kepada petugas Angkasa Pura dan polisi karena tidak jelas dengan nasib tiket mereka yang tidak bisa ditukar kembali atau dipindahkan ke maskapai penerbangan lainnya.

Tidak hanya penumpang domestik, turis asing juga menjadi korban seperti yang dialami Craig, wisatawan asal Ukraina yang sudah menunggu lebih dari 4 jam namun tidak ada penjelasan resmi soal tiketnya.

Tak hanya itu, antrean panjang calon penumpang pesawat Batavia Air juga menjalar di posko tiket di Terminal 1-C, Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (31/1/2013). Otoritas bandara mengalihkan calon penumpang Batavia Air menggunakan pesawat maskapai lain yaitu Lion Air, Sriwijaya Air, serta Citilink yang harganya jauh lebih mahal.

Calon penumpang diharuskan membeli tiket baru dengan membayar penuh tanpa ada potongan. Untuk proses pengembalian uang tiket yang telah dibeli, calon penumpang diharuskan mengurus sendiri ke pihak Batavia Air dengan bukti pembelian tiket.

Sementara ratusan calon penumpang Batavia Air di Bandara Internasional Juanda, Surabaya, terlantar dan tidak tahu harus kemana menukarkan tiket. Lantaran seluruh aktivitas loket dan Kantor Batavia Air di Bandara Juanda tutup.

Pihak airport duty manager Bandara Juanda hingga Kamis siang belum menerima keterangan tentang pailitnya maskapai penerbangan Batavia Air. Pihaknya hanya mengetahui tentang penghentian maskapai penerbangan tersebut melalui media. Sepanjang hari Kamis, tercatat 19 jadwal kedatangan dan 16 jadwal keberangkatan melalui Bandara Juanda, Surabaya.

Tak hanya itu, kondisi yang sama juga terjadi di Bandara Rendani, Manokwari, Papua Barat. Ratusan calon penumpang Batavia Air terlantar. Sehingga sejumlah calon penumpang memilih maskapai penerbangan lain.

Akibat penghentian Batavia Air ini, para calon penumpang hanya bisa menggunakan 2 maskapai penerbangan lain, yakni Ekspress Air dan Sriwijaya Air yang selama ini melayani rute penerbangan Manokwari-Makassar-Jakarta. (Adm/Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini