Sukses

Jokowi: Uji Coba Waterway Marunda-Muara Baru Gratis

Sebagai langkah awal akan disediakan 2 kapal untuk masa uji coba ini. Selanjutnya untuk tahun ini disiapkan 4 kapal.

Untuk memberikan alternatif transportasi bagi warga Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara menuju Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Marunda, Jakut akan segera dilakukan uji coba transportasi air (waterway). Rutenya dimulai dari Marunda ke Muara Baru hingga Muara Angke.

Menurut Jokowi, sebagai langkah awal akan disediakan 2 kapal untuk masa uji coba ini. Selanjutnya untuk tahun ini disiapkan 4 kapal.

"Sementara ini rute yang disiapkan untuk Marunda-Muara Baru. Tapi tahun ini akan kita siapkan ada 4 kapal. Nanti mungkin perjalanan dari Duren Sawit, Marunda, Muara baru, hingga Angke, agar beban di jalan lebih berkuranglah," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta bernama lengkap Joko Widodo ini di Balaikota, Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Saat uji coba waterway nanti, ucap Jokowi, penumpang belum dikenai tarif. Sebab masih dalam proses perintisan. Tapi jika transportasi air tersebut telah diberlakukan, maka akan mulai dikenakan tarif.

"Sampai kapan pokoknya gratis dululah. Kalau sudah jadi, bisnis jalan (tarif)," imbuh Jokowi.

Sebelumnya, telah beroperasi 2 shuttle bus untuk warga Marunda. Namun bus tersebut sering mengalami kemacetan hingga 1,5 jam sehingga menghambat mobilitas warga. Untuk itu, Pemrov DKI ingin mempermudah transportasi dengan waterway.

Waterway yang disiapkan berkapasitas 30 orang berjenis kapal kerapu. Juga akan dibuat dermaga apung di Marunda. Warga hanya perlu berjalan kaki 800 meter dari Rusun Marunda ke dermaga. Jarak tempuh Marunda-Muara Baru sekitar 17 kilometer dan waktu yang diperlukan hanya 30 menit.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono mengatakan uji coba disiapkan sekitar 2 minggu lagi. Jokowi meminta Udar untuk mendalami proyek ini.

"Ke Rusun Marunda musti ada alternatif mereka dalam bidang transportasi. Akan kita siapkan kapal dari Marunda-Muara Baru sampai ke Muara Angke," kata Udar di Balaikota.

Ia mengungkapkan, masyarakat di Timur Jakarta jika ingin ke Ancol dapat naik kapal sampai di Marunda. Kemudian dari Marunda ke Ancol.

Jokowi pernah mengungkapkan, akan menjadikan kawasan Jakut sebagai fokus daerah relokasi bagi korban banjir Ibukota untuk saat ini. Warga yang tinggal di bantaran kali yang di Ciliwung, Pesanggrahan, Angke, Sunter, akan menjadi prioritas untuk dipindahkan ke rusun.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.