VIDEO: Aksi Aerobatik Ratusan Burung Jalak di Langit Israel

  • Peristiwa
  • 0
  • 31 Jan 2013 02:24

burung130130d.jpg
Setelah menghilang selama 20 tahun, sekelompok burung jalak yang bermigrasi kembali ke Israel. Fenomena alam ini jadi tontonan menarik tak hanya bagi para ahli burung tapi juga para pecinta burung, karena gerakan ratusan burung ini saat terbang bagaikan aerobatik yang indah.

Bayangan hitam berubah-ubah bentuk melayang di atas langit, lalu di atas rerumputan di kawasan kota Netivot, Israel bagian selatan. Ini adalah fenomena alam yang disebut murmuration, yakni aksi sekelompok burung terbang bersamaan dalam berbagai formasi saat subuh atau senja.

Gerakan berkelompok ini merupakan cara mereka mencari makanan dan menghindari burung pemangsa, yang biasanya mengincar burung yang terbang sendiri atau lepas dari kelompok. Menurut para ahli burung, pergerakan burung-burung jalak ini paling asyik diamati pada saat senja. Karena saat itulah mereka biasanya terbang membentuk sejumlah formasi berbeda, rata-rata selama 20 menit sebelum beristirahat.

Tahun 90-an, jumlah burung jalak yang terbang ke Israel dari Rusia dan Eropa Timur mencapai jutaan ekor. Jumlah mereka sempat menurun drastis tanpa diketahui penyebabnya dan baru kembali di langit Israel pada 2012 lalu. (Mut)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler