Sukses

PMI Gelar Baksos Pascabanjir di Cipinang Melayu

Kali ini PMI menggandeng PT Summarecon Agung Tbk, PT Bank Central Asia (BCA) dan Garuda Food untuk turut serta memberikan bantuan dalam acara baksos itu.

Pasca-banjir melanda Cipinang Melayu, Jakarta Timur, beberapa waktu lalu, PMI Provinsi DKI Jakarta menggelar bakti sosial (baksos). Yan juga dihadiri oleh Ketua PMI DKI Jakarta Rini Sutiyoso.

"Kegiatan bakti sosial pascabanjir sudah kita lakukan di empat wilayah dan Jakarta Timur ini yang terakhir," kata Rini Sutiyoso di acara bakti sosial yang digelar Rabu (30/1/2013), di lapangan RT 09 RW 03 Cipinang Bali, Kelurahan Cipinang Melayu Jakarta Timur .

Rini menjelaskan, pascabencana biasanya PMI mengadakan pelayanan kesehatan gratis, bantuan peralatan kebersihan dan peralatan sekolah. Kali ini PMI menggandeng PT Summarecon Agung Tbk, PT Bank Central Asia (BCA) dan Garuda Food untuk turut serta memberikan bantuan dalam acara baksos itu.

Bantuan gabungan itu pun berbuah pelayanan kesehatan untuk 1.000 orang, peralatan kebersihan seperti pel dan ember sebanyak 500 paket, biskuit, peralatan sekolah dan kegiatan dukungan psikososial untuk 100 anak TK dan SD.

Dengan bantuan peralatan kebersihan itu, diharapkan warga bisa kembali membersihkan rumahnya terkena banjir. Rini juga mengimbau warga agar peduli terhadap lingkungan dan kebersihan sehingga dampak banjir dapat dikurangi.

Banjir Jakarta tahun ini terjadi sejak awal Januari 2013, dan melanda hampir sebagian besar wilayah ibu kota. Terdapat sekitar 78 titik banjir, dengan ketinggian air banjir yang bervariasi dan mencapai 3 meter. Sehingga sempat melumpuhkan berbagai aktivitas warga.

Saat banjir melanda, PMI juga menurunkan para relawannya untuk melakukan evakuasi dan mendistribusikan bantuan termasuk melaksanakan pelayanan kesehatan dan membuka dapur umum. (Ant/Tnt)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.