Sukses

Lula Kamal: Katinon di Rumah Raffi Bukan Jenis Baru

Menurut Lula Kamal, dokter spesialis adiksi dan ketergantungan narkoba, zat cathinone yang ditemukan di rumah Raffi Ahmad merupakan turunan dari methylenedioxymethcathinone. Zat ini dipatenkan sejak 1996.

Zat narkotika yang ditemukan di kediaman artis Raffi Ahmad terungkap berjenis cathinone (katinon) atau nama kimianya dikenal dengan aminopropiophenone. Turunan narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba) jenis ini tergolong baru dan belum diatur dalam undang-undang narkotika di Indonesia.

Menurut Lula Kamal, dokter spesialis adiksi dan ketergantungan narkoba, cathinone merupakan turunan dari methylenedioxymethcathinone. Zat ini bukan merupakan jenis baru. Hanya saja penemuan ini merupakan kasus pertama yang ditemukan di Indonesia.

"Enggak sih, itu turunan dari cathinone, dari struktur tumbuhan. Pada dasarnya bukan jenis baru," kata dokter kelahiran Jakarta, 10 April 1970 itu saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (30/1/2013).

Lula menambahkan, cathinone sudah dipatenkan orang sejak 1996. Namun baru sedikit zat narkoba jenis ini masuk ke beberapa negara.

"Di luar negeri masih banyak yang belum masukin ke negaranya, seperti di Singapura misalnya," ucap dokter lulusan King’s College di London Bidang Rehabilitasi Narkoba dan Adiksi ini.

Efek cathinone, ungkap Lula, sama dengan narkotika jenis ekstasi. Cathinone ini juga termasuk dalam grup zat stimulan atau amphetamine. Cathinone terbuat dari tanaman Catha edulis atau Khat. Tumbuhan itu hanya tumbuh di Afrika dan sebagian wilayah Arab.

"Persis kayak ekstasi. Enggak capek-capek, enggak tidur, enggak lapar. Biasanya suka dipakai buat dugem atau buat kerja keras," jelas Lula.

Terungkapnya cathinone berawal dari penggerebekan Badan Narkotika Nasional (BNN) di kediaman Raffi di kawasan Lebak Bulus, Minggu 27 Januari lalu. BNN mendapati Raffi berpesta narkoba bersama 17 orang teman-temannya. Dari hasil penyidikan 7 orang positif menggunakan narkoba sedangkan 7 lainnya dibebaskan.

Tujuh orang itu berinisial K, N, MF, W, J, R dan RJ. Salah satu dari 7 orang tersebut yang berinisial R adalah artis.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini