by

VIDEO: TNI Turun Tangan Bersihkan Sampah Kali Ciliwung

  • Peristiwa
  • 0
  • 29 Jan 2013 17:32
Pascabanjir warga Jakarta kini dihadapkan pada persoalan tumpukan sampah dari sisa banjir. Aparat TNI dikerahkan untuk membersihkan sampah di aliran Kali Ciliwung.

Di antara tumpukan sampah di Kali Ciliwung, tepatnya di kawasan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, aparat TNI dari Batalyon Arhanud 10 Kodam Jaya bahu membahu menyingkirkan sampah. Tumpukan sampah dari aneka material ini merupakan sisa yang terbawa banjir beberapa waktu lalu. Jika dibiarkan, tumpukan sampah bisa menggangu aliran sungai.

Meskipun masa tanggap darurat banjir telah dicabut pada 27 Januari lalu, namun langkah-langkah penanggulangan banjir tetap dilakukan. Pembersihan sampah ini merupakan bagian penanggulangan pascbanjir yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan melibatkan TNI AD, Selasa (29/1/2013).

Kepala Seksi UPT Dinas PU Pemprov DKI Jakarta Harry Hamdani mengatakan, pihaknya akan segera mungkin melakukan upaya pembersihan sampah yang menumpuk tersebut, dengan berkoordinasi lebih dahulu ke pihak PLN.

Tumpukan sampah yang mengenangi Kali Ciliwung, seperti batang pohon bambu dan busa. Tak hanya itu, harta milik korban banjir, seperti tempat tidur, kasur, dan lemari menghiasi Kali Ciliwung. Pembersihan sampah di Sungai Ciliwung sudah berlangsung sejak 3 hari terakhir dan difokuskan pada sekitar jembatan. (Frd)

 

(Frd)
Comments
Sign in to post a comment