Misteri Kamar 308 Hotel Samudra Beach

on Feb 19, 2003 at 08:45 WIB

Liputan6.com, Jakarta: Sosok penguasa Pantai Selatan Nyi Roro Kidul, bagi yang percaya, konon masih hidup. Perempuan misteri ini diyakini menetap di kamar Nomor 308 Hotel Samudra Beach, Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat. Jadi, tak heran bila hampir setiap hari kamar itu selalu dikunjungi orang. Kebanyakan dari mereka datang untuk mendapatkan ilham. Bahkan, ada di antara mereka yang khusus datang untuk meminta sesuatu, mulai dari ilmu kekebalan sampai yang dapat menyembuhkan orang lain. Tapi, ada pula yang datang sekadar menghilangkan rasa penasaran.

Menurut pemantauan SCTV, baru-baru ini, kamar tersebut dilengkapi sebuah televisi dan alat pendingin ruangan. Beberapa lukisan berukuran kecil dan besar pun menghiasi dinding kamar ini. Tapi di sudut ruangan berwarna hijau itu terdapat lukisan perempuan berukuran besar. Yang menarik, di depan lukisan besar itu terdapat beberapa makanan sesaji, berupa kembang, buah-buahan, dan aneka makanan. Aneka komestik juga ada di depan lukisan perempuan berselendang merah tersebut. Semua sesaji ini berasal dari para pengunjung.

Selain itu, di kamar yang langsung menghadap ke pantai ini terdapat sebuah kotak amal yang isinya akan disumbangkan kepada anak yatim piatu yang ada di sekitar Pelabuhan Ratu. Persis di samping kotak amal itu, ada pula sebuah meja rias yang dilengkapi berbagai alat kosmetik dan kursi rias. Kamar yang sudah berusia 37 tahun ini juga dilengkapi dengan sebuah kamar mandi lengkap dengan aksesorinya. Tapi, kamar mandi ini tak dipergunakan untuk umum. Sedangkan di depan kamar mandi terdapat sebuah lemari kaca berisi berbagai gaun yang semuanya berwarna hijau keemasan. Konon, semua itu adalah permintaan khusus dari Nyi Roro Kidul.

Monick, seorang pengunjung kamar nomor 308 mengatakan, sudah biasa berkunjung ke kamar ini. "Biasanya dua kali dalam sebulan saya ke sini," kata Monick yang membawa beberapa tangkai bunga. Dia datang ke kamar ini untuk meminta berkah dari sang penguasa pantai selatan.

Biasanya semua sesaji yang ada di kamar 308 akan dibawa ke pintu gerbang Batu Karut, sekitar 100 meter dari Hotel Samudra Beach untuk kemudian dipersembahkan kepada Nyi Roro Kidul. Masyarakat setempat percaya, batu tersebut adalah gerbang menuju ke laut atau sebaliknya.(ICH/Jeremy Tetty dan Eko Purwanto)
Suka artikel ini?

0 Comments